Freelancer.co.id telah mengubah hidup saya

Dari dulu yang saya tahu bahwa untuk mencapai hidup enak adalah dengan bekerja keras. Masalahnya banyak orang bekerja keras tetapi mereka belum bisa menikmati hidup enak, kenapa? Mungkin Anda tahu jawabannya tapi belum juga mengambil tindakan.

Lalu bagaimana dengan Tahun ini? Apakah Anda sudah punya rencana untuk mencapai hidup enak? Saya sudah.

Semenjak bergabung dengan Freelancer.co.id, pola pikir saya terhadap bagaimana mencapai hidup enak berubah, kenapa? Kalau Anda bekerja keras selama Anda tidak berpikir keluar dari kotak, Anda tidak akan tahu apa yang terjadi jika Anda tidak melangkah di luar sana. Saya mendapati bahwa penghasilan saya yang tadinya hanya ‘cukup’, telah berubah menjadi ‘lebih’ dan ini tetap terus bertahan. Bagaimana ini bisa terjadi? Kenapa sekarang saya selalu surplus dan tidak pernah defisit lagi?

Reputasi saya di Freelancer.co.id termasuk “excellent”, silakan cek di www.freelancer.co.id/u/danielgpratidya.html dan itu semua saya peroleh baru dalam waktu 1 tahun 3 bulan. Total pendapatan saya selama ini sekarang sudah lebih dari USD. $20000. (update per 22 Nov 2014 = $100,000 USD)

Kunci pertama adalah apabila kita selalu berpikir positif maka kita akan mendapatkan hasil yang positif dan dalam hal ini Anda harus benar-benar berusaha selalu berpikiran positif sewaktu menyaksikan hasilnya dan selalu bersyukur apapun/bagaimanapun itu, dan percayalah bahwa berikutnya Anda akan mendapatkan lebih lagi.

Kunci kedua adalah ‘kepepet’. Bersyukurlah orang-orang yang sudah pernah ‘kepepet’ dalam hidupnya, tapi bisa keluar dari kesulitannya, saya bisa konfirmasikan bahwa saya adalah salah satu bukti hidupnya. Ketika manusia terdesak, dia akan berpikir di luar batas imajinasinya untuk lebih kreatif dan ingin segera keluar dari keadaan terdesak, tapi hati-hati, INGAT kunci pertama di atas plus ‘eling’ dengan Yang Di Atas! Salah-salah Anda menuju arah yang negatif. Tapi bagaimana kalau Anda tidak ‘kepepet’? Maka sebaiknya kondisikan diri Anda jadi ‘kepepet’. Mudah, potong anggaran Anda untuk makan enak, pulsa HP/BB/tablet, langganan internet, jalan-jalan, dll lalu investasikan uang hasil potongan tersebut ke sesuatu yang bisa mendatangkan uang sendiri tanpa Anda bekerja di situ, masih ingin contohnya? Lebih baik Anda pikirkan sendiri, itu mudah sekali. Nah, dengan anggaran yang terbatas sekarang Anda ‘kepepet’ menjalani hari-hari Anda.

Kunci ketiga adalah pantang menyerah. Anda boleh tidak percaya bahwa sebelum bergabung di Freelancer.co.id, saya hanya bisa membuat laporan table dan rumus-rumus sederhana di Microsoft Excel dan sedikit bisa berbahasa Inggris pasif, tapi sekarang pelanggan-pelanggan saya menyebut saya “genius”, “expert” dan “extremely smart in Excel”, bahkan saya sekarang adalah translator Bahasa Inggris-Indonesia berbintang 5 untuk beberapa situs web. Anda bisa mulai dari hobi (apapun itu, silakan perluas pemikiran Anda). Apabila kita berangkat dari hobi untuk melakukan suatu pekerjaan, kita tidak akan bosan karena bagaimanapun itu hobi Anda dan ketika Anda menemui hambatan, maka Anda akan kembali lagi berkutat dengan masalah itu sampai dapat pemecahan masalahnya dan itulah yang menjadikan Anda bisa menjadi pantang menyerah dan berhasil.

Kunci keempat adalah kesabaran. Setiap kegagalan akan menambah pengalaman Anda dan pengetahuan Anda, jangan khawatir, tidak ada yang lebih membuat Anda berhasil daripada itu.

Kunci kelima adalah melakukan lebih. Pada saat kesempatan datang dan Anda mengerjakan suatu proyek, usahakan selalu mengerjakan lebih dari yang diminta, tidak perlu terlalu banyak tapi jadikan itu kesan yang baik yang tak terlupakan bagi employer. Ini akan menjadi jaminan agar mereka kembali kepada Anda untuk proyek-proyek berikutnya.

Dengan reputasi saya sekarang, tiap minggu setidaknya saya pasti memenangkan 1 proyek bernilai minimum $200 dan hanya perlu 2-3 hari untuk menyelesaikannya, dan saya tidak melihat kemungkinan bahwa saya tidak akan dapat proyek sama sekali dalam waktu yang lama. Kalau Anda belum tahu di Freelancer.co.id ada lebih dari 600 macam kategori pekerjaan dan jumlah pengguna yang mencapai hampir 7 juta orang dari seluruh dunia. Memang tidak semuanya aktif menjadi employer ataupun freelancer, tapi kenyataannya mereka meramaikan pasar tenaga kerja ini, dan membuat peluang bisnis dan pekerjaan di sini menjadi tinggi.

Satu-satunya hal yang bisa membuat saya tidak produktif di sini adalah kalau saya tidak bisa bekerja karena sakit. Sekarang Anda bisa bayangkan kalau ternyata tinggi rendahnya penghasilan kita tergantung dari kita sendiri, kita yang atur sendiri, dan apapun hasilnya adalah karena kita sendiri. Anda bebas memilih bagaimana Anda ingin bekerja, kapan Anda ingin bekerja, dan apa yang ingin Anda kerjakan.

Saya selalu bangga dan senang melihat rekan dari Indonesia yang mempunyai reputasi hebat di Freelancer.co.id, ini menunjukan kepada dunia bahwa kita putra-putri Indonesia bisa diperhitungkan di dunia Internasional. Siapa tahu pada saat saya mulai kelebihan order dan saya harus konsentrasi penuh di sana, saya akan mencari Anda yang bereputasi untuk membantu saya.

Jadi, Anda tunggu apa lagi? Anda bisa kembali ke blog ini kapan saja Anda mau, tapi sekarang segera buka www.freelancer.co.id dan coba kejar reputasi saya. Bagi yang belum mendaftar silakan klik di sini

Semoga bermanfaat dan menjadikan semangat inspirasi baru di Indonesia!

Salam,

272 comments:

  1. $20000? Mantap! Sekitar Rp 200.000.000 berarti ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yo'i admin, kursnya dari tahun lalu berkisar Rp.9100-9500 fluktuatif, makanya ukurannya pake Dollar US. Secara global yang jelas minimal adalah Rp. 186.000.000 dan terus berlanjut hehehehe...

      Fyi, pagi ini baru ada masuk $200 lagi di akun saya Freelancer.co.id dan sebelumnya kemarin saya baru mentransfer $1914.86 ke rekening bank saya.

      Pokoknya gak pake tunggu gajian bulanan lagi deh

      Delete
    2. Bagaimana cara awal untuk menemukan project yang bwt kita kepepet di freelancer.co.id

      dah 4 tahun saya keliling2 aja nyarinya...ternyata ada yang onlinenya...

      mohon pencerahannya ya bung Daniel

      Delete
    3. Pak saya baru saja menggunakan freelances.co.id. saya mau bertanya bagaimana cara melakukan 'bid' terhadap sebuah proyek? saya aga kebingungan menggunakan freelancer.co.id terima kasih

      Delete
  2. Replies
    1. Wow! thanks Willix for visiting my blog page.
      Your comments here will surely add more spirits and Inspirations for freelancers in Indonesia.

      Delete
  3. wowowww..... hebat yah mas,,,,
    saya pengin sedikit diajarin caranya dong mas.... boleh gak mas,,,,hebatt salutt saya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tur s'won mas Kamaludin pertanyaannya.
      Syarat paling penting menjadi seperti saya adalah "Mau Belajar!". Sepintar2nya kita, pasti ada yg lebih pintar, jadi belajar lah terus.

      Sepertinya Profil penjenengan dah lengkap 100%, sip!
      Masukkan dari saya, fotonya terlalu tegang tuh...sorry, yang lebih rileks aja deh tapi profesional.

      Kok skill/keahlian belum di pilih? ya gak bisa nyari proyek dong jadinya.
      Pilih di sini: https://www.freelancer.com/u/danielgpratidya.html?page=edit_skills

      Ikutin tes orientasi freelancer juga dong, GRATIS kok. Belajar nyari jawabannya di FAQ: http://www.freelancer.com/faq/view.php
      Sayangnya masih dalam bahasa Inggris sih... yah belajar2 lah kalo blm bisa, kalo tekun jadinya ya seperti saya.

      Saya lihat pernah sekolah di SMK Teknik Komputer Dan Jaringan ya? Modal yg lumayan tuh....tapi kok cuma 1 tahun? Gak pa pa jgn khawatir yang penting di sini bisa ngerjain proyek kok (pendidikan formal tdk jadi ukuran).
      Karena sebenarnya kita akan belajar lebih banyak sendiri by googling di sini.

      Untuk tips mendapatkan proyek dan memenangkan Bid pernah saya postingkan sebelumnya di http://danielgpratidya.blogspot.com/2012/11/bagaimana-memenangkan-lelang.html
      Saya rasa semua ada di situ.

      Semoga menjadi pencerahan!

      Delete
  4. hallo pak Daniel,

    Saya baru saja resign dr pekerjaan saya di dunia marketing setelah 15 tahun :) krn pilihan dan tuntutan untuk lebih fokus pd keluarga (anak2 dan suami)
    Saat ini saya bermaksud tuk terjun di dunia freelance spt pak Daniel, dimana sebenernya dunia ini sudah saya kerahui dari dulu (sejak saya bekerja).
    Saya sendiri sdh terdaftar sebagai free member di Freelance.com sebenarnya sudah lama sejak msh bernama Rent a Coder (kalo gak salah), tapi hanya sebatas tuk mengetahui saja (rutinitas kerja merangkap ibu RT menjadikan saya tdk fokus tuk melakukan hal yg lain, dan ini saya sesali sekarang:(
    Sekarang saya ingin fokus sebagai freelancer yaaah untuk bantu bikin asep dapur tetep ngebul :)).
    Saya tidak pny technical skill, backgroud saya sebagai marketing hanya terbatas pada pengolahan data menggunakan MS Office (Word, Excel, Powerpoint, outlook) dan tentu ajah berselancaarr di dunia maya hihi.
    Makanya project2 yg saya bid hanya terbatas pd bidang data entry atau administrator saja, berharap sih skill saya bisa bertambah.
    Sampai hari ini, belum ada 1 pun project yg saya menangi :((
    O'ya saya sudah mendapat sertifikat Freelance General Orientation (setelah berkali fail) :))
    Ke depan nya impian saya, saya ingin menjadikan pekerjaan freelance sebagai pekerjaan tetap saya krn tidak perlu lagi harus meninggalkan rumah dan itu komitment saya pd suami (ceileh...lebay bgt dah).
    Pertanyaan saya :
    1. Apakah hubungan antara Freelance.com dengan freelance co.id ? apakah sebagai member freelance.com sudah otomatis saya menjadi member dari freelance.co.id dan bisa langsung login atau saya harus sign up ulang ?
    2. Tertarik dgn bahasan Pak Daniel ttg submit sample project sebelum melakukan penawaran, untuk project data entry yg sekarang saya fokuskan, sample nya seperti apa yah pak ?
    Apakah saya bisa mennyakan dulu kepada employer ttg detail projectnya sehingga saya bisa submit sample project sesuai yg diinginkan employer sebelum saya melakukan bidding (penawaran harga) ? apakah ini tidak membuang waktu ?

    Semoga Pak Daniel bisa membantu mencerahkan saya.
    Sebenernya banyak yg ingin saya tanyakan sehubungan dgn dunia freelancer ini, tapi ini saja udah seperti karangan bebas.

    Apakah pak Daniel berkenan memberikan messenger yg bisa saya hubungi langsung, seperti YM misalnya ?

    Terima kasih sebelumnya pak, menemukan blog bapak seperti menemukan amunisi baru lagi dimana saya hampir meninggalkan senjata :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo rhenee,

      Terima kasih sudah mampir dan..... lengkap bgt ceritanya, dari tulisannya dilihat bisa jadi penulis :)
      Background sbg marketing, sudah sangat menunjang utk hunting proyek di Freelancer.co.id, kenapa bid data entri dan admin? Rasanya pekerjaan marketing, buanyakkk juga kok.
      Pastikan ada marketing dalam skill Anda di profil, sayang mbak Rhenee tidak menyebutkan username spy sy bisa melihat profilnya dan kasih masukkan.

      Selamat atas badge Freelancer Orientation nya, kalo sy dulu sekitar 7 kali fail baru lulus :)
      Impian mbak, sama dgn impian saya, gak lebay ahh...

      Menjawab pertanyaan mbak Rhenee:
      1. Freelancer.com adalah Website International, sedangkan Freelancer.co.id adalah Regional (Bahasanya Indonesia) baru launching resmi di Indonesia 3 Oktober 2012 lalu, dgn maksud spy lbh dekat dgn para user di Indonesia dan memudahkan layanan mereka. Fyi, di Indonesia ada Country Manager: Ibu Helma Kusuma dan Freelancer.co.id fesbuk page resminya. Kalau sudah terdaftar di .com tidak perlu lagi di .co.id, bisa masuk dari www.freelancer.com atau dari www.freelancer.co.id

      2. Project sample utk data entry tidak ada, paling yg ada test melakukan beberapa entry. Sy pernah bahas data entry krn proyeknya plng banyak, HATI-HATI! banyak yg tipuan, pokoknya kalau mau terima proyek data entri pastikan employer membuat milestone dulu dan jgn percaya janji2 muluk mereka (e.g: bayar setelah 2K entry, bayar langsung tanpa melalui milestone freelancer.co.id, dsb).

      3. Tentu saja kita bisa menanyakan dulu ke employer ttg detail proyeknya, waktu bidding: centang check box "kirim juga pesan pribadi ke pemberi kerja", tapi memang harus tetap masukkan bid amount sementara (katakan: "I might need to revise my bid based on your further detail requirements" atau "I'll revise my bid once I fully understand your requirements, etc...). Untuk melampirkan sample, dulu bisa langsung di bidding page ini, tapi sepertinya sekarang tidak bisa (employer paling tidak harus membalas dulu sekali pesan pribadi Anda). Kalau mau tanya sebelum memasukkan bidding, bisa klik di bagian bawah proyek 'Papan Klarifikasi Proyek', tapi syaratnya harus punya minimal 1 review dulu alias menyelesaikan 1 proyek sebelumnya.

      4. Buang waktu? tidak sama sekali, employer bahkan biasanya ingin benar2 memastikan bahwa kita bisa benar2 mengerjakan tugas mereka atau tidak, kecuali orang2 yg betul2 urgent! tapi org2 spt ini pasti akan mengandalkan freelancer yg handal, reputasi bagus, review dari user lain komentarnya bagus semua, dll dan mereka kadang2 menomorduakan harga, biar mahal tapi pasti selesai dgn baik.

      5. messenger skype: bintang.far.east

      Jangan tinggalkan senjatanya, nanti biar saya yang isikan amunisinya sampai Full :))

      Semoga membantu,
      Daniel

      Delete
    2. pak , mau tanya .
      klu kita ingin membeli ujian, bagaimana cara pembayaran nya.
      saya freelancher baru.
      dan apa2 saja yang harus di lakukan ketika jadi newbe di freelancher?
      mohon pencerahan nya

      Delete
    3. Terima kasih pertanyaannya mas ryan.
      Untuk membeli ujian bisa:
      1. Menggunakan/memotong saldo kita di akun Freelancer.co.id (kalau ada saldonya).
      2. Menggunakan kartu kredit untuk pembayaran.
      3. Menggunakan akun PayPal untuk pembayaran.

      No. 2 dan 3 harus diverifikasi terlebih dahulu metode pembayarannya.

      Langkah2 newbie di Freelancer.co.id:
      1. Lengkapi Profil page (foto profil, resume, publikasi, portofolio, dll.)
      2. Pilih keahlian2 kita
      3. Tentukan tarif per jam kita
      4. Ikuti Freelancer Orientation Exam.
      5. Ikuti tips-tips saya dalam memenangkan bidding proyek.

      Delete
  5. Wow..senengnya direspon :)

    User ID saya Reni Heryani pak.

    Masukannya mantaaabbb! terima kasih yah pak, jgn bosen jika saya tiba2 nongol dengan seabreg pertanyaan lagi yg mudah2an juga bisa berguna bagi pengunjung blog bapak yg lain sebagai informasi tambahan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. You're welcome mbak Reni, gak bosen kok, selama sy ada wkt utk menjawab no problemo :) monggo silakan tanyakan saja semuanya.

      btw username reni as Penerjemahan Translator/Entri Data Operator, member since June 2006 itu bukan ya? Tapi reni yg itu sih di profilnya belum lulus freelancer orientation (bukan kali ya?)

      kalo yg di skype, yg dari bandung itu bukan ya?

      Delete
  6. Bukan Pak,

    yg ini : https://www.freelancer.com/u/rhenee.html
    Tolong direview yah..
    Saya blum pny account di skype :)

    Terima kasih sebelumnya...

    *sambil nyiapin amunisi baru

    ReplyDelete
    Replies
    1. Very Nice picture and profile! Like a real pro already.
      Saya rekomendasikan utk translator Eng-Ina mau gak? Kalau berhasil lulus testnya (gampang bgt kok) dan si employernya setuju, bisa punya tambahan penghasilan per bulan deh, user name google talk saya: danielgpratidya, please add so we can discuss further.

      Delete
  7. Waduh tersandung eh tersanjung neh :))
    Biasa ajah kali ah..namanya juga "jual diri" hihi...

    Mau bangeth pak...banget banget..

    Bener2 makasih banget nih sebelumnya, gak rugi deh kenal ma Pak Daniel, Smoga Tuhan membalas kebaikan bapak.

    Ok, lanjut diskudinya di GTalk yah pak..

    ReplyDelete
  8. Selamat malam pak daniel

    Saya newbie di freelancer alias anyar hehehe
    saya mau tanya dikit aja.. takut klo kebanyakan :D

    saya udah memenangkan project selama 2 kali dan employer saya verifikasinya lengkap.
    nah, ini withdraw pertama kali saya. yang nunggu untuk 15 hari.
    dan ini membuat saya tidak bisa tidur.. kepikiraaaaaannn terus,

    yang saya tanyakan , akun saya belum verifikasi pembayaran (method payment) di freelancer.
    apakah nantinya di cancel pihak freelancer ke moneybookers saya yang juga belum verifikasi?
    karena mengingat dana itu untuk modal lagi biaya bayar internet hehehe.. :D
    mohon pencerahannya pak daniel

    maturnuwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kunjungannya mas Yohanes Hari.
      Selamat atas 2 proyek pertamanya.

      Emangnya yg ditarik banyak bgt ya? jadi gak bs tidur hehehe... Sebetulnya untuk penarikan pertama sebaiknya sedikit dulu aja biar bs tenang tidurnya (nah lo tambah khawatir deh...)

      Sayangnya Anda tidak secara eksplisit menyebutkan ditarik kemana, jd sy asumsi Anda tarik ke Moneybookers.
      Method payment yg belum terverifikasi bagi freelancer seharusnya tidak berpengaruh terhadap penarikan ini. Saya yakin dananya tetap akan sampai. Dulu waktu saya tarik pertama kali juga belum verifikasi method payment kok, dan berhasil aja, waktu itu saya tarik ke akun PayPal saya $100.

      Alasan mereka pertama kali perlu 15 hari adalah utk keamanan kita sendiri, dan memastikan bahwa tujuan penarikan adalah betul-betul akun pribadi kita dan data-datanya bisa dipertanggungjawabkan secara hukum, kalau terjadi sesuatu yang tidak diinginkan (co: gagal transfer, dsb) karena ini menyangkut pihak ketiga yg dalam hal ini Moneybookers atau PayPal atau Credit Card atau lainnya. Jadi mereka perlu memastikan!
      Dan untuk itu kita harus memberikan data-data yg akurat kepada Moneybookers, PayPal, kartu kredit kita (co: nama lengkap sesuai rekening bank kita, no. telpon, alamat dsb) agar tidak kesulitan menariknya dari akun online tsb ke rekening bank kita di Indonesia.

      Sedangkan untuk verifikasi payment method adalah sebetulnya lebih ke employer yg perlu menyetorkan sejumlah dana ke akun freelancer mereka utk membayar freelancer mereka dan membuat para freelancer yg melihat badge verifikasi ini percaya bahwa seorang employer serius akan dan bisa membayar dan bisa dipertanggungjawabkan keberadaannya dan bisa didispute kalau terjadi sesuatu yg tidak diinginkan.

      Kalau utk freelancer, selama punya dana hasil kerja di saldo kita utk dipakai membeli fitur2 yg ada (co: exam, sponsor bid, dll), maka sebenarnya kalau tidak verifikasi metode ini pun tidak apa-apa.

      Tenang aja, freelancer.co.id sangat reliable dan aman, dan sangat bisa diandalkan. Kalaupun tidak sampe dananya, bisa dipertanyakan ke Bu Helma Kusuma (Indonesia Country Manager utk Freelancer.com) untuk dibantu.

      Semoga jadi nyenyak tidurnya sekarang hehehe...
      Salam - Daniel

      Delete
    2. wahhh..!! terimakasih Banyak pak Daniel.. (sambil tersenyum lebar :D)
      sekarang sudah tenang setelah membaca balasan pak daniel

      hehehe cuma dikit pak daniel.. 100$ Ke moneybookers
      iya ini modal buat online lagi cekak :(
      kadang online harus nyari gratisan hehehe .. buat cek email .
      tapi ini malah buat nambah saya semangat , di keterbatasan dana :D


      sekarang bisa tidur :D
      Maturnuwun pak daniel :)

      Delete
  9. sangat inspiratif pa daniel
    saya mau tanya pak daniel fultime di freelancer atau punya pekerjaan tetap. mohon di konfirm gtalk saya ini id saya ahmadcahyono. saya ingin bertanya banyak tentang sua dukanya kerja di freelancer.
    terimakasih

    ReplyDelete
  10. Terima kasih untuk berbaginya pak Daniel, saya baru bergabung di freelancer.com dengan account olliekadharma, mohon pencerahannya tentang profil saya di sana. Selama ini saya juga bekerja freelance sebagai programmer, bukan programmer hebat, cuma programmer kepepet yang gak bisa masuk perusahaan besar karna IPK nya jongkok hehe. Karena itu sekarang coba mengadu nasib di freelancer.com, masih sulit utk dapetin 1 job pun, tapi saya tidak ada niat untuk menyerah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kunjungannya dan pertanyaannya mas Aulia Eka Dharma.
      Saya sudah liat profilnya, sip! Lebih sip lagi kalo:
      1. Lulus dari test Freelancer Orientation (Gratis).
      2. Melengkapi halaman resume.
      3. Meng-upload screenshot salah satu karya di portofolio.

      Untuk bidang keahlian mas Aulia Eka, saya yakin akan dengan cepat dapat proyek, karena buuaannnyyyaaaakkkkk sekaleee proyeknya. Tinggal pastikan mengikuti saran saya di tips: http://danielgpratidya.blogspot.com/2012/11/bagaimana-memenangkan-lelang.html

      Mengenai programmer hebat atau tidak, itu tidaklah penting karena dulu saya hanya menguasai visual basic dasar sekitar 15% baik untuk VBA ataupun Desktop application. Memang harus ada yang dipilih untuk difokuskan (tidak bisa semua), dan karena saya memilih vba untuk Excel, maka dengan mengerjakan proyek2 excel automation saya sekarang menjadi 125% expert di bidang ini. Itu karena saya mau tidak mau (kepepet) harus belajar, karena kalau tidak kepepet (uang banyak, tidur enak, jalan2, dsb) ya males lah belajarnya, bener khan?

      "Kita akan berlari lebih kencang kalau ada anjing rabies mengejar di belakang kita atau ada copet kurang ajar yang harus kita tangkap berlari di depan kita".

      Jangan mengadu nasib di freelancer.com mas, dan juga jangan berpikir sulit dapetin 1 job pun... karena itu semua pemikiran2 yg negatif.
      Cobalah berpikir: "penghasilan saya akan menjadi lebih baik dengan terjun di freelancer.com"
      Saya yakin sekali mas Aulia sekitar 3 bulan lagi, akan kewalahan menangani permintaan proyek (asal mengikuti pesan2 saya di blog ini). Kalau belum, silakan cari saya!

      Nah... saya justru berpesan: nanti kalo sdh kebanyakan proyek, jgn lari ya! harus profesional, jgn terlalu ambisi mengerjakan banyak proyek tapi tidak ada waktu. Sehingga mendapat review negatif. Saya sendiri dalam lebih dari 100 proyek blm pernah sekalipun gagal. Jalin komunikasi yang baik dan pastikan tidak ada salah paham.

      Mudah2an membantu! Keep your spirit On Fire brother!
      Daniel G. Pratidya

      Delete
    2. Terima kasih banyak masukannya Pak Daniel, jadi tambah semangat dengan adanya dukungan. Oya, saya sudah ambil Freelance Orientation Exam nya dan sudah lulus :).

      Delete
  11. Dear Pak Daniel..

    Salam kenal Saya juga belum lama gabung di freelancer.co.id meskipun sebenarnya sudah dari dulu di freelancer.com sudah ada accountnya hanya Saya lupa id dan pass nya, jadi Saya buat lagi.. Pertanyaan Saya Pak Daniel bagaimana mengidentifikasi penawaran yang dilakukan oleh Employer.. kalau tidak memiliki foto apakah itu bisa masuk indikasi perlu diwaspadai dan penawarannya besar ? Saya baru sekali ikut bidding kemudian ada respond penawaran anda rendah bisa meningkatkan 3 cara.. pembiayaan, test bhs inggris dan sortir kalau nggak salah.. Itu biasanya bagaimana pilihannya pembiayaan seperti apa ya..? kemudian sortir Pak ?
    Ini https://www.freelancer.co.id/u/rboyke.html ini profil Saya Pak apalagi yang mesti ditingkatkan Terima Kasih Banyak Pak Daniel atas waktunya..

    Regards

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Pak Boyke, salam kenal juga.

      Bagi employer, photo tidak penting karena bahkan kebanyakan dari mereka ingin menyembunyikan identitas personal mereka sebisa mungkin.
      Tidak adanya photo profile employer tidaklah perlu diwaspadai, yg perlu diperhatikan adalah badge Terverifikasi:
      1. Pembayaran terverifikasi
      2. Email terverifikasi
      3. Profile terverifikasi (utk yg ini mereka hanya perlu melengkapi beberapa saja yg penting, tidak perlu terlalu lengkap).
      4. Telepon TIDAK harus Terverifikasi (sementara ini krn termasuk feature baru)

      Tapi kalau kita sdh terbiasa mengidentifikasi hal2 di atas, seringkali juga saya mendapatkan proyek dr employer yg belum lengkap verifikasinya (employer benar2 baru sign up), mereka baru melengkapi profilnya waktu akan melakukan pembayaran kepada saya, tapi utk ini tidak saya sarankan untuk freelancer baru, tp kalo mau coba take risk, siap mental utk kecewa tapi berharap hasil yang paling positif boleh. Makanya saya selalu bilang positif thinking sangant penting di sini!

      Penawaran Anda direspon "Rendah", karena termasuk freelancer baru.

      Pembiayaan maksudnya Anda diminta memverifikasi metode pembayaran Anda secara online (badge no.1 di atas) bisa PayPal, Skrill, Kartu kredit, dll. Tapi untuk kita freelancer hal ini tidak mutlak, krn bagi kita hal ini diperlukan untuk membayar ujian ($5/ujian) utk meningkatkan posisi kita di bidding list (wkt kita melakukan bidding).

      Test Bahasa Inggris adalah yg paling banyak disyaratkan oleh kebanyakan employer, kebanyakan dr mereka ingin mengkondisikan utk freelancer yg melakukan bidding pd proyeknya hrs paling tidak lulus test ini. Karena komunikasi dlm memahami proyek penting bagi mereka.

      Sortir? rasanya bukan, mungkin "Sorotan", maksudnya penawaran kita di warnai lain (highlight) biar terlihat mencolok bagi employer, biaya utk menyoroti penawaran adalah $1.

      Utk Profil Pak Boyke, perlu:
      1. Pasang foto profil (foto yg santai saja pak :), atau gambar logo, atau gambar apa saja yg menggambarkan keahlian Anda).
      2. Ikuti paling tidak ujian freelancer orientasi, gratis! pelajari lebih dalam FAQ dan secara garis besar Freelancer.com
      3. Pasang gambar/foto di portofolio ttg prestasi/kegiatan Anda.

      Semoga membantu, Semoga Sukses dan saya akan siap menjawab kalau ada pertanyaan lain.

      Ps: melihat profil Pak Boyke, kalau bapak bersedia dan ada waktu, saya mungkin akan memerlukan Anda dalam tim saya.

      Salam,
      Daniel

      Delete
  12. Malam Pak Daniel

    Terima Kasih Banyak atas pencerahan informasinya Pak Daniel. Boleh Pak Daniel apabila memang bisa bersinergi monggo ditindak lanjuti Saya tunggu khabarnya Pak.

    Regards

    Boyke

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip pak, silakan add gtalk saya: danielgpratidya
      Or skype: bintang.far.east

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. Monggo Pak..skype id boyke.kusumanto3, ym id generalfeldmarschall_2004

      Regards

      Boyke

      Delete
  13. Siang Pak Daniel,
    Wah jadi kepingin punya rating kaya Pak Daniel..hehe
    oh iya pak, saya masih tergolong newbie di situs freelancer ini, setiap kali bidding selalu gagal, walaupun saya telah memiliki beberapa proyek di situs freelance lainnya seperti di peopleperhour.com dan guru.com. yang saya ingin tanyakan disini adalah bagaimana tata cara bidding yang baik (dalam segi bahasa) dan kelengkapan profil kita sehingga bisa menarik employer ?
    btw ini profil saya pak :
    https://www.freelancer.co.id/u/kholid74
    oh iya pak, saya tertarik untuk bertanya tentang dunia freelance ini, ada yang bisa dihubungi ?
    terima kasih sebelumnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Cholid,

      Kalau sudah pernah coba situs lainnya, berarti akan lebih mudah, karena di Freelancer.co.id memang jauh lebih mudah.
      Lagipula mas Cholid sudah dari Sep 2012 bergabung.

      Profile sudah Sip bgt!
      Karena Anda designer, mungkin akan lebih baik gambar profile nya dimasukkan hasil design sendiri (co. logo, dll)

      Sebagai acuan bidding bisa baca di:
      http://danielgpratidya.blogspot.com/2012/11/bagaimana-memenangkan-lelang.html

      Freelancer.co.id punya facebook page:
      http://www.facebook.com/freelancer.co.id

      Silakan LIKE page nya, dan ikuti terus update terbaru tentang Freelancer.co.id, Bulan Juni akan ada lagi event meet-up di Jakarta dimana semua pertanyaan bisa diajukan dan dibahas lebih mendalam lagi.

      Semoga Berhasil.
      Daniel

      Delete
  14. pagi,
    saya mengetahui mengenai anda dari guru.com
    kami membutuhkan programmer yang mengerti VBA, apabila anda dapat membuat program VBA, tolong beritahu email anda, shg bisa contact by email
    thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pagi, maaf saya sudah lama sekali tidak aktif di sana.

      Dalam 1.5 thn belakangan ini sangat aktif di Freelancer.com karena reputasi saya lebih cepat berkembang di sini dan betul saya adalah vba excel programmer.
      Silakan check profile page saya di Freelancer.co.id di www.freelancer.co.id/u/danielgpratidya.html, Anda bisa mengklik HIRE ME dan menuliskan project description Anda di situ untuk mempekerjakan saya.

      Thanks,
      Daniel

      Delete
    2. atau Anda bisa menemukan tombol HIRE ME pada page blog ini di atas.

      Delete
  15. siang pa..
    saya freelancer baru, kurang mengerti mengenai verifikasi metode pembayaran, apa kita harus menyetor sejumlah uang atau bagaimana?mohon penjelasnnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Verifikasi metode pembayaran adalah lebih ditujukan kepada para employer untuk membayar para freelancernya dan memberikan badge “terverifikasi pembayaran” pada profil mereka, agar para freelancer yg melihat yakin bahwa employer bisa dipercaya utk melakukan pembayaran atas pekerjaan yg dikerjakan.

      Meskipun demikian para freelancer perlu memverifikasi metode pembayaran untuk keperluan membeli ujian sertifikasi ($5/ujian level 1) dan membeli keanggotaan per bulan (kalau mau yg berbayar, tidak diwajibkan! tp banyak keuntungannya).

      Anggota premium potongan fee proyek hanya 3%, sedangkan yg anggota GRATIS adalah 10%).

      Peluang mempunyai badge/lencana lulus ujian dan badge keanggotaan jg berpengaruh pada peluang memenangkan bid.

      Pada waktu kita menerima (accept) suatu proyek, maka project fee sebesar 10%, 5%, atau 3% (tergantung keanggotaan kita) akan diambil dari metode pembayaran kita tersebut.
      Jadi setelah proyek selesai dan employer merilis tanda jadi (milestones), freelancer tidak ada potongan lagi.
      Kalau kita tidak memverifikasi metode pembayaran ini, maka saldo kita akan menjadi minus dan akan kembali positif tentunya setelah kita menyelesaikan proyek dan memperoleh pembayaran dari employer (release milestone by the employer).
      Posisi minus dibatasi waktunya, apabila dalam sebulan posisi saldo kita minus, maka akun kita akan di-suspend.

      Fyi, dulu waktu saya memulai ini, saya adalah FREE member dgn potongan fee project 10%, dan ujian yang saya ikuti hanyalah Freelancer orientation dan Employer orientation yg mana semua itu GRATIS!
      Saya tidak pernah melakukan setoran bahkan sampai sekarang, karena uang yg saya pakai untuk pembayaran adalah hasil dari proyek2 yg saya selesaikan.

      Semoga membantu,
      Daniel

      Delete
    2. terima kasih pak atas infonya, klo begitu bagaimana menerima pembayaran atas kerja kita?

      Delete
    3. Penting diketahui bahwa sebelum kita menerima/ACCEPT sebuah proyek, employer HARUS membuat milestones (tanda jadi).
      Jangan terburu-buru menerima Project Award, sebelum Anda melihat milestones payment di project page.

      Setelah kita Accept, baru mulai kerja, dan kalo dah selesai, kirimkan ke employer (bisa upload via message system, upload ke "Files" Tab dr project page, dropbox, dll).

      Setelah Employer review kerjaan kita, dan biasanya ada koreksi ini-itu dsb, lalu kita benerin dan kirim lagi balik, begitu seterusnya sampai employer mendapatkan apa yg mereka inginkan.
      Mereka lalu merilis milestone payment yg dibuat pd awal project, dan dana tsb akan masuk ke akun kita di Freelancer.co.id.

      Kita bisa tarik saldo kita tsb. ke akun online kita (PayPal, Skrill, kartu debit Freelancer.com dll), bisa jg direct transfer ke rekening bank kita (tp mahal charge-nya dan kursnya).
      Menurut saya paling mudah adalah via akun PayPal kita, lalu baru tarik lagi ke rekening bank kita.

      Delete
  16. malam pak..saya mau tanya ,kalau saya mau verifikasi pembayaran itu bagusnya pakai paypal atau kreditcard atau yang lain pak,,mohon rekomendasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu tergantung masing2 orang, lebih nyaman pakai apa.
      Kalau saya pakai PayPal, tp itupun akun PayPal saya juga terverifikasi dengan kartu kredit saya. Sama saja sebetulnya. pada akhirnya berujung di kartu kredit kita.

      Kalau kita melakukan pembayaran di Freelancer, maka kalau saldo akun Freelancer kita kurang, maka Freelancer akan menagihkan ke akun PayPal dan kalau saldo di PayPal kita kurang, maka PayPal akan menagihkan ke akun kartu kredit kita.

      Skemanya:
      Freelancer < PayPal < Kartu Kredit

      Atau langsung seperti ini:
      Freelancer < Kartu Kredit

      Bisa juga
      Freelancer < Skrill, dll...

      Bagusnya ada PayPal ditengah adalah, saya bisa menyimpan Dollar di sana standby, bisa untuk meng-cover pembayaran Freelancer, bs jg buat pembayaran online lainnya, dll dimana dana saya di PayPal tsb. juga siap dicairkan ke rekening bank saya kapan saja.

      Delete
  17. Dear pak Daniel,

    Saya baru mendaftar di Freelancer.co.id.
    Tapi saya tidak bisa menambahkan foto, bagaimana caranya ya.
    DAn cara mengambil proyek juga tidak bisa,

    thx
    Mega

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sorry lama baru jawab nih, mudah2an sekarang udah bisa sendiri ya? :)
      Menambahkan foto bisa melalui:
      1. profil page kita, lalu klik kotak gambar profil di bagian pojok kiri atas ada tulisan "Ganti Gambar".

      2. dari menu Profil terus Pengaturan di sebelah kanan ada kotak gambar profil dan di bawahnya ada 2 tombol, yg atas "Impor Foto" utk memuat gambar profil fesbuk kita atau bisa juga tombol di bawahnya "Unggah File" utk memuat gambar dari PC kita.

      Best Wishes,
      Daniel

      Delete
    2. Dear pak Daniel

      Thx a lot uda bisa.
      pak saya sudah add skype bapak tolong di approve ya.

      Pak kan ada employer yang PM saya untuk memberikan contoh tulisan 200-300 kata tentang perbandingan android dan IOS, apa sebaiknya saya memberikan contoh full? kemudian apa yang dimaksud dengan copyscape?

      thx
      Mega

      Delete
    3. tambahannya pak. artikelnya bolehkan saya search di google. atau harus berdasarkan pemikiran sendiri?

      thx
      Mega

      Delete
    4. Halo Mega,

      tulisan yg diminta oleh calon employer harus ditulis sendiri, berasal dari hasil ide dan pemikiran sendiri, TIDAK BOLEH NGAMBIL DARI INTERNET, search dari google atau mengkopi content orang lain atau dari web page manapun.

      Copyscape adalah software yang bisa memprotect kemungkinan adanya plagiator yg mengkopi web content kita di internet, software ini men-scan internet tiap hari dan melaporkan kepada kita bila ada yang meniru tulisan kita or content kita di internet.

      Lebih jelas silakan nonton video penjelasannya:
      http://www.copyscape.com/about.php

      Daniel

      Delete
  18. Dear pak Daniel lagi,

    Saya ditawarkan pekerjaan lagi. dia bilang baru akan membayar setelah selesai pekerjaannya.menurut pak daniel gimana itu? trs saya juga bingung uda diterima apa belum. tar ud dikerjakan ternyata nggak diterima.thx

    mega

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau employer belum award proyeknya kepada Anda, berarti belum diterima. Apabila diterima, akan ada email pemberitahuan dari support Freelancer.com
      Dan itupun jgn buru2 diterima, harus lihat dulu apakah employer sdh bikin milestones payment apa belum.

      Contoh email ada di halaman sebelah:
      http://danielgpratidya.blogspot.com/2012/11/bagaimana-memenangkan-lelang.html
      pada bagian tanya jawab di bawah pd pertanyaan yg sama.

      Kalau hanya ingin meyerahkan sample tulisan, silakan saja.
      ps: Hati-hati employer tukang tipu.

      Daniel.

      Delete
  19. saya mau tanya mas,saya baru membuat akundi freelancer.co.id,walaupun saya tidak mengikuti contest dan proyek apapun apakah saya kena charge?jujur saya masih awam soal yang beginian.mohon jawabannya ya mas,tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Jordi, terima kasih atas pertanyaannya.
      Charge dikenakan kepada user apabila:
      1. Membeli exam (ujian) sertifikasi keahlian.
      2. Membership fee PER BULAN, yg besarnya tergantung keanggotaan yg dipilih, kalau yg FREE ya tetep GRATIS.
      3. Membuat sponsor bid dan/atau highlight (sorotan) pd penawaran kita di proyek yg kita bid.
      4. Penarikkan ke akun PayPal or wire transfer uang dari saldo kita di Freelancer ke rekening bank kita
      5. Pada saat kita menerima suatu proyek (ACCEPT PROJECT) yg besarnya 10%, 5%, or 3% dari nilai bid kita tergantung jenis keanggotaan kita. Kalau saldo kita 0, maka saldo akan jadi minus dan kalau minus lebih dari sebulan, akun akan di-suspend, karena itu segera mungkin selesaikan proyek yg kita menangkan supaya milestones bs dirilis masuk menambah saldo kita.
      6. Kalau kita sebagai employer akan ada charge bila kita membuka proyek dan memberikan (Award) proyek kepada seorang freelancer besarnya jg tergantung keanggotaan kita.
      7. Juga sebagai employer waktu kita buka proyek dan memakai fasilitas "Featured", "Sealed", etc.. yg disediakan oleh Freelancer.co.id

      Selain hal-hal di atas, kita tidak dikenakan charge apapun.
      Meskipun kita bid dan ikut kontes beratus-ratus jumlahnya.

      Salam,
      Daniel

      Delete
  20. maaf pak saya baru.. bisa jelasin lebih rinci tentang paypal..
    1. berapa jumlah nominal harga untuk membuat paypal dan kartu kridit virtual apabila saya menggunakan bank BCA (kira kira ja)
    2. Apabila kita sudah mengerjakan proyek tapi di tengah jalan kita tidak sesuai waktu atau ada halangan lain misal sakit. apakah kita kena denda sehingga di kurangin saldo kita
    3. bagaimna cara menarik paypal ke bank ATM BCA
    4. apakah ini benar benar bisa menyakinkan maap benar benar ragu di bagian pembayaran dan keuangan takut ketipu klau misalcuman 50rb seh enggak papa (haha maap sombong dikit)

    oya bapak ada alamat YM nya biar saya add

    ini YM saya : ary.clink@yahoo.com


    Terima kasih

    ReplyDelete
  21. saya mau daftar di freelance.co,id.tapi masih bingung. yang dipilih itu yang mana? hire,work, atau keduanya?? mohon bimbingannya pak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo buka freelancer.co.id harusnya bahasanya Indonesia.
      Hire = mempekerjakan Orang
      Work = mencari pekerjaan
      Atau bisa keduanya

      Jadi mau pilih yg mana aja gak ada masalah.
      Gratis kok!

      Delete
  22. selamat siang pak daniel...

    seneng bgt saya bs menemukan an dapat membaca blog bapak.. sangat menginspirasi saya. sy mau sedikit bertanya pak, sy sangat sangat baru d freelancer.co.id dan blm banyak tau cara dan bagaimana saya harus menjalankan. kerja di freelanc.co.id. saya memilih freelancer ini karena sy abis d PHK krn perusahaan sy pailid. pak boleh kah sy tanya apa yg hrs sy lakukan untuk pertama kali jadi member freelancer.co.id dan bagaimana caranya sy tau kalo employ memilih kita sebagai orang yg memenangkan projectnya. sy jg bingung pak, kerjaan apa yg hrs sy ambil krn sy dl bekerja selama 7 tahun sebagai kasir doan pak. pak mohon petunjuk dan arahannya ya pak. account sy d freelancer ririnkurniawati1. dan sy jg pingin bergabung d komunitas bapak gmn caranya...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Ririn,

      Langkah2:
      1. Lengkapi Profil page (lihat saran sy di bawah)
      2. Pilih keahlian2 kamu
      3. Tentukan tarif per jam kamu
      4. Ikuti Freelancer Orientation Exam.
      5. Ikuti tips-tips saya utk memenangkan proyek.

      Caranya tahu bahwa employer memilih kita?
      1. Akan ada email pemberitahuan masuk, atau
      2. Kalau kita sedang login di Freelancer.co.id, akan ada pop up notifikasi di ujung kanan bawah, lalu tanda seru di atas warna merah akan berangka "1", "2",... tergantung notifikasi yg masuk.

      Contoh emailnya silakan baca di:
      http://danielgpratidya.blogspot.com/2012/11/bagaimana-memenangkan-lelang.html?showComment=1369816044839#c5007068629640354998

      Jangan bingung ambil kerjaan, mulai saja dgn hobi kamu dan kaitkan dengan pekerjaan secara online yg ada, pilih2 aja di kategori skill kita.

      Saran utk profil:
      - Photo profilnya, gambarnya gak kelihatan, kalaupun tidak ingin foto kita, sebaiknya merupakan sesuatu yg kalau dilihat, orang jadi ingat, tp harus tetap profesional.
      - Tarif per Jam nya belum diisi (klik di bagian bawah foto profil).
      - Pelajari FAQ, ikuti ujian Freelancer Orientation, GRATIS.
      - Perdalam lagi bahasa Inggrisnya.

      Cara bergabung di IFA, baca di:
      http://danielgpratidya.blogspot.com/2013/06/peluncuran-indonesia-freelancers.html

      Semoga sukses ya!
      Daniel

      Delete
    2. matur suwun pak sdh d bls, untuk profilnya kmrn ada fotonya pak, trus sy mau ganti foto tp jdnya kog begitu yah. oh iya pak ada yg mau sy tanyakan lg, kmrn sy sempet membuat bid, trus ada respon dr employer lewat message yg ada tandanya merah angka1,2...apakah itu menayakan kita siap dgn pekerjaan itu ato bagaimana pak, krn kebanyakan yg sy liat pekerjaannya entry kata2 yg agak susah kita baca. dan satu lg pak daniel PM itu apa yah pak? dan apa itu email id pak? apa email pribadi sy ato bagaimana, krn kmrn sempet ada yg meminta email id ke saya untuk project yg sy bid...mohon penjelasannya lg ya pak, dan untuk jam kerja kita sbg orang indonesia bagaimana pak, krn jamnya berbeda sama yg memberi pekerjaan bingung sy pak. dan matur suwun sanget untuk penjelasannya berikutnya, dan jgn bosen2 dgn pertanyaan kulo nggih pak..

      Delete
    3. Nggih sami-sami mbak Ririn,
      Tanda angka merah 1,2,... adalah menunjukkan ada berita baru yg masuk yg belum kita lihat, seperti ada pesan masuk, atau ada berita terbaru ttg apapun.

      PM itu Private Message = Pesan Pribadi.
      Bukan email, tapi pesan di message system Freelancer.co.id
      Pesan ini jg ditujukan ke email kita dan bisa jg direply melalui email kita yg terdaftar.
      kalo ada yg tanya email address kita, jgn dikasihkan, gak boleh dituliskan dimanapun di message system, profile page, dll, akun kita akan disuspend.
      Kita bisa berikan alamat email kita kalau proyek sdh di-award ke kita, dan kita Accept proyeknya.

      Jelas jam kerja mjd tantangan bagi kita, tapi mereka biasanya ngerti dgn perbedaan waktu ini. Yang penting kan dateline kerjaanya tercapai.

      Mboten saget bosen mbak kulo :) yen masih ada yg blom jelas monggo ditanyakan sebanyak-banyaknya :)

      Salam,
      Daniel

      Delete
    4. oh ya pak bagaimana kita tahu kalo kita yg memenangkan penawaran, ada tanda khusus ato bagaimana pak, dan kalau kita sudah memenangkan project langkah selanjutnya apa ya pak, apa kita lgsg sj mengerjakan projectnya ato bagaimana. kapan ada pertemuan freelancer indonesia pak, siapa tahu pertemuannya di bali saya mau ikutan biar bs belajar banyak dr bapak. pak kog sy ga bs unggah foto profil sy ya pak, apa sy hrs pake komputer biasa, niki kulo ndamel ipad, mboten saget, hixhixhix...matur suwun sanget pertanyaan kulo d jawab terus...matur suwun pak daniel..

      Delete
    5. pertanyaan yg sama pernah diajukan oleh:
      eri yanto29 Mei 2013 01.10
      Silakan baca jawaban saya di:
      http://danielgpratidya.blogspot.com/2012/11/bagaimana-memenangkan-lelang.html?showComment=1369815006289#c365272352192677672

      Kalau di-AWARD proyek, JANGAN langsung di-ACCEPT, cek apakah milestones sudah dibuat oleh employer, kalau belum, ingatkan dia!

      Baca jawaban saya atas pertanyaan dari
      zia chyrin27 Mei 2013 02.43 di atas (scroll up ke atas!).

      Apa itu milestones? silakan baca di:
      http://danielgpratidya.blogspot.com/2012/11/bagaimana-memenangkan-lelang.html?showComment=1370237233060#c4348304014207048717

      Kalau milestones sudah dibuat employer, silakan kerjakan tugas2 dari employer.

      Pertemuan IFA pertama Bulan Juli di Jakarta, tglnya belum fixed. Untuk ke Bali...hmmm bisa dipertimbangkan, kalo memang memungkinkan, sy akan pastikan penjenengan dikhabari.

      Ipad, Android, Tablet seharusnya jg bisa dan ndak masalah, tapi mungkin jg masalah. Pakai PC, kalau sudah ganti gambar, biasanya tidak langsung terlihat...jd simpan perubahannya dgn klik tombol yg panjang yg di bawah halaman pengaturan akun, lalu coba lihat halaman profil mbak Ririn atau refresh pagenya, apakah fotonya sdh berubah atau belum.

      Delete
  23. selamat pagi bapak daniel. saya mau tanya. ketika saya sedang mengobrol dengan employer, dia meminta sample picture. bagaimanakah saya akan mengirimkan gambar? kalau kemarin saya mengupload pada portfolio.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, terima kasih atas pertanyaannya.

      Sementara sebelum di-award, memang kita harus bisa memberikan sample. File bisa diupload di message attachment. Tapi kalau ukurannya besar biasanya saya pakai dropbox, lalu tinggal kirimkan ke employer linknya.
      INGAT! sample picture sebaiknya di bikin spt mockup, jd pastikan Anda menutupi dgn layer SAMPLE SAMPLE SAMPLE...atau bagaimanapun caranya utk melindungi karya Anda.

      Nanti kalau sdh di-award, bisa pakai Studio Design utk lebih mudah mengupload desain2 Anda.

      Saya doakan berhasil di Award! Good Luck.

      Delete
  24. Salam kenal Mas Daniel ..saya baru bergabung dfengan freelancer juga.
    Kalau ada kerjaan lebih boleh dibagi ke saya. saya bisa php dan oprek wordpress

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh mbak Putri,nanti saya carikan.
      Udah daftar ke IFA belum ya? kalo udah nanti saya hubungi lewat email aja.

      Thanks,
      Daniel

      Delete
  25. salam kenal juga pak Daniel,,, saya newbe freelancer.
    sayatidak ada kartu kredit nanti dibyarnya ke mana?
    langkah awal yang saya harus tau apa aja ?
    trimakasih pak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo agunkin jatmiko,
      Kalau kita dibayar, pembayaran akan dimasukkan ke saldo kita fdi Freelancer.co.id, dari situ saldonya kita tarik ke akun pembayaran online kita. Kalau Skrill sy kurang tahu tapi, rasanya bisa langsung ditarik ke rek bank kita di Indonesia.
      Silakan baca jawaban saya (scroll up ke atas), pertanyaan dari:
      Ririn Kurniawati14 Juni 2013 00.39memenangkan-lelang.html?showComment=1360669313571#c1412582997028641555

      langkah awal: lengkapi profil, pilih keahlian2 kita dan mulai browsing proyek untuk diajukan penawaran.

      Silakan baca pertanyaan dari:
      Ririn Kurniawati16 Juni 2013 01.44

      Delete
  26. Mas Daniel,
    Saya juga baru gabung dengan Freelancer.co.id. Mau tanya cara menjadi 'terverivikasi' apakah bisa pakai paypal? Soalnya saya gagal verivikasi dengan paypal, pesan error ' paypal anda limited' padahal akun paypal saya baik-baik saja

    Apakah aman kalau paka credit card? soalnya saya ingin daftar keanggotaan basic dan ikut kursus inggris biar dapat badge/label nya :)

    Mohon infonya. thx
    http://www.freelancer.com/u/souvenironebali.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas Ketut,

      Sewaktu kita memverifikasi metode pembayaran di Freelancer.co.id dgn PayPal, maka dari akun PayPal kita akan diambil sejumlah Dollar (sy lupa tepatnya berapa, kalo gak salah inget sekitar $2).
      Uang ini akan disetorkan ke akun Freelancer.co.id kita sebagai saldo kita.

      Kalau pesan error "limited", itu karena Freelancer.co.id tidak dapat menarik uang tersebut dari akun PayPal mas Ketut. Mungkin karena akun PayPalnya memang masih limited dibatasi $100 dan sudah lewat, alias belum terverifikasi dgn kartu kredit. Cek aja lagi ke PayPalnya, atau tanyakan ke customer support PayPal.

      Silakan scroll ke atas untuk membaca jawaban saya atas pertanyaan yang sama oleh eri yanto 30 Mei 2013 08.45

      Dan pendapat saya tentang status pembayaran "terverifikasi", silakan baca di atas juga pada pertanyaan oleh zia chyrin26 Mei 2013 20.29

      Segala bentuk pembayaran online di Freelancer.co.id, saya pastikan aman (termasuk kartu kredit), namun ada juga orang yang salah pengertian, sehingga salah menggunakannya dan terjadi salah klik, salah persepsi, dsb.

      Kalaupun terjadi masalah, dan rasanya suangat jarang sekali terjadi masalah, di Indonesia ada Country Manager, Ibu Helma Kusuma, yg pasti bisa membantu mengatasi.

      Daftar keanggotaan basic, ada trial 30hari GRATIS, bisa gunakan itu dulu aja, bulan berikutnya baru bayar. Kalau tidak mau melanjutkan di bulan depannya, bisa kita batalkan kapan saja sebelum 30 hari berakhir, mk bulan depan keanggotaan tidak akan diteruskan dan tidak akan ada tagihan. However, keanggotaan akan tetap Basic sampai 30 hari.

      Tes bahasa Inggris silakan pakai kartu kredit or PayPal (kalau PayPal mas Ketut sudah lepas limitnya, jadi tidak perlu tunggu punya badge "Pembayaran Terverifikasi".

      Semoga sukses mas Ketut,
      Daniel

      Delete
  27. salam kenal mas daniel..
    saya newbie di freelancer, mau tanya, itu kalau kita verifikasi pembayaran pakai kartu kredit atau akun paypal apakah dari pihak freelancer bisa menarik dana secara otomatis dari kartu kredit kita? atau menunggu kita mengkonfirmasinya terlebih dahulu?

    Mohon infonya thx :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mas Bagus, salam kenal.

      Penarikkan dana otomatis adalah hanya untuk pembaruan keanggotaan tiap bulan.
      Jadi kalau tidak ingin melanjutkan keanggotaan bulan depannya, silakan turunkan/downgrade keanggotaan kita segera sebelum waktu berakhir (bisa dilihat kapan berakhir/diperbarui di halaman membership).
      Sebagai contoh, tidak mjd masalah jika setelah kita ikut keanggotaan Premium, setelah saldo dipotong atau PayPal/kartu kredit kita dicharge, besoknya kita langsung turunkan lagi.

      Karena keanggotaan yg berlaku tetap akan berjalan sampai waktunya berakhir meskipun kita turunkan sekarang, dan akan otomatis diturunkan setelah itu.

      Untuk pembayaran yg lain ada konfirmasi atau ada aksi yg kita lakukan sehingga saldo kita ditarik, TAPI INGAT! KALAU SALDO NOL, maka akan OTOMATIS menarik dana dari metode pembayaran kita seperti PayPal/kartu kredit, sbg:

      1. Waktu mengklik "Terima", saat kita menerima suatu Proyek AWARD, otomatis saldo kita dipotong 3%/5%/10% dari nilai proyek tergantung keanggotaan sbg biaya proyek.

      2. Waktu mengklik "Beli" waktu kita mau membeli sebuah ujian utk diikuti. Saldo akan dipotong $5/$10/$15 tergantung level 1/2/3 ujiannya.

      3. Waktu membuat sponsor bid, yg jumlahnya tergantung berapa yg kita ingin sponsorkan (di atas sponsor yg sudah ada, agar penawaran kita jd di paling atas).

      4. Waktu kita ingin meng-highlight penawaran kita, saldo akan berkurang $1.

      5. Waktu kita melakukan penarikkan saldo dari akun Freelancer.co.id ke akun PayPal/Skrill kita, akan dikenakan biaya $1.

      Mudah2an gak ada yg kelewatan.

      Semoga penjelasan saya jelas dan tidak membingungkan, kalau msh bingung silakan tanya lagi aja.

      Salam,
      Daniel

      Delete
  28. Mas Daniel, mudah2an belum ada yg tanya hal yg sama sebelumnya : berapa kali kesempatan kita mengulang ujiang ENGLISH? soalnya itu kan bayar sekitar 50rb. kalau kita gagal apakah boleh diulang tanpa bayar? ( berapa kali).

    Thx sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, kalo ini belum ada yg nanya :)
      Ujian apapun yg berbayar bisa diulang sampe lulus, terserah. Tapi hanya sekali dalam sehari boleh diambil.

      Setiap pengulangan atau ambil yg baru TETAP bayar lagi 50rb. Sadis ya :)
      Jadi sebisa mungkin harus lulus! Sebagai bocoran, Ujian English yg US lebih mudah daripada yg UK. Lagipula Ujian yg US lbh populer dan kebanyakan proyek bersyarat, mensyaratkan lulus ujian ini.

      Level1 gampang kok, hanya basic english, tapi ya tergantung orangnya juga sih hehehe.... Soal2nya ttg grammar dan penggunaan tanda baca.

      Daniel

      Delete
  29. kok istri saya tidak bisa bidding y? terimakasih
    http://www.freelancer.co.id/u/nancyetha.html apa yang kurang y? bener2 membingungkan pak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih pertanyaannya pak.
      Profilnya sudah 100% lengkap. Awesome!

      Yang perlu diperhatikan dalam melakukan bidding adalah:

      1. Jatah/kuota penawaran untuk anggota Gratis adalah 10, kalau ini habis, maka harus tunggu isi ulang besoknya. Kecepatan waktu isi ulang bid ini bisa lebih cepat seiring perolehan review, kredit point, XP yg kita dapatkan dan proyek yang kita rampungkan dan dibayar melalui situs Freelancer.co.id yg ditandai dengan naiknya level kita (lihat bar hijau di atas, sebelahnya ada angka, itu menandakan kita level berapa).

      2. KATEGORI proyek yang di-bid harus kita miliki minimal salah satunya. Kategori proyek bisa dilihat di bagian bawah deskripsi project.

      3. Pada proyek yang BERSYARAT, si employer menentukan bahwa freelancer yang bisa menawar adalah tertentu saja yang sudah lulus ujian tertentu (mis: Ujian Bahasa Inggris Level 1, dsb...)

      4. Pada proyek yang bersyarat NDA (Non disclosure Agreement) atau Perjanjian Kerahasiaan, maka sebelum bid, freelancer harus menyetujui perjanjian ini dulu yg tautannya bisa dilihat di bawah username employer atau di atas deskripsi proyek.

      Mudah-mudahan gak ada yg kelewat, kalo masih ada pertanyaan, please feel free tanya lagi.

      Regards,
      Daniel

      Delete
  30. selamat pagi pak daniel.meskipun saya free member dan bodoh berbahasa inggris, alhamdulillah pagi ini saya diberi rejeki dari Tuhan lewat freelancer.com. lumayan $81. tapi belum saya uangkan.karena belum mempunyai kartu kredit. apa yg harus saya lakukan selanjutnya. apakah saya harus mempunyai paypal yg terverifikasi ( creditcard) agar bisa di uangkan. atau saya biarkan saja dulu dananya. dan apakah saya perlu merubah konversi mata uang? terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat Mas Lanang Dwi atas perolehannya. Anda berarti betul-betul freelancer sejati seperti saya :)

      Tapi $81 itu besar mas bagi saya, mohon maaf kalau mas menganggap itu kecil atau lumayan.

      Saya dulu lebih parah dari Anda mas, saldo saya dulu sampai $300, dan saya tidak tahu harus menguangkannya karena tidak punya akun online saking NDESO-nya saya.

      Kalau mau ditarik dengan PayPal, ada biaya $1, dan utk penarikan pertama kali dgn cara apapun perlu waktu 15 hari kerja untuk memastikan keamanan dan kebenaran dan verifikasi data-data online kita.

      Saran saya sisakan $31, karena $30 adalah jml penarikkan minimum plus $1 biaya. Untuk jaga-jaga charge 10% selanjutnya dari proyek-proyek berikutnya.

      PayPal Anda sekarang harus diverifikasi kartu kredit untuk menerima transferan. Kalau dulu maksimum transaksi kurang dari $100 tidak perlu verifikasi.

      Saran saya verifikasikan saja mas, toh hanya utk membuka limit transaksi aja, bukan utk dipakai belanja online khan.
      Saya hanya pakai PayPal utk menerima uang bukan sebaliknya.

      TIDAK perlu konversi ke IDR, nanti di PayPal akan otomatis di kurs waktu transfer ke rekening bank kita. Yg perlu diperhatikan adalah NAMA (bukan username) akun PayPal HARUS sesuai dengan nama kita di rekening bank.

      Konversi ke IDR kita gunakan nanti aja, kalau fitur transfer langsung ke rekening bank lokal Indonesia sudah ada.

      Btw...
      Kalau Anda menganggap diri Anda sendiri hanya Free member dan Bodoh Berbahasa Inggris, itu berarti Anda juga menyinggung saya, karena dulu saya pun seperti Anda.

      Mari kita tanggapi semua hal dengan pemikiran positif mas, maka kita akan beroleh lebih lagi ke depannya. Amin.

      Delete
    2. memang saya menyinggung pak daniel. Tapi tidak sengaja. :)
      maturnuwun atas saran pak Daniel. saya sangat ingin sekali ikut jejak pak Daniel.
      beruntung sekali saya bisa membaca semua trik di Blog ini.

      Delete
    3. Wkwkwk... berarti Anda bukan hanya freelancer sejati, tp juga wong lanang tulen yg berani jujur, konsekuen, dan straight to the point. Senang bs berkenalan dgn Anda. Tinggal dimana mas?
      Udah daftar member IFA blm ya mas? Bln dpn IFA ada acara perdana di Jkt, tp blm pasti tglnya.
      utk daftar IFA, sekarang ada pake google doc lbh mudah, buka page ini: www.bit.ly/IFA-form

      Delete
  31. Ketemu lagi sama om daniel nih..
    saya sudah upgrade member dan lulus beberapa test termasuk english level 1. lumayan lah. thanks sarannya pak.

    saya mulai rajin bid namun belum dpt award. saya target bisa dpt award project bulan ini. oya, saingan freelancer kebanyakan dari India ya.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Pak Ketut,

      Selamat atas 3 ujian yg sudah lulus, hebat!
      Sudah pasti pada waktunya akan ada proyek yg tembus, nantinya. Pastikan membaca dan mengikuti tips saya di:
      http://danielgpratidya.blogspot.com/2012/11/bagaimana-memenangkan-lelang.html

      Beberapa tips seperti dalam menentukan harga, memasang sponsor bid $1 utk berada di atas dan menyerahkan sample kerjaan di dalam penawaran kita, akan sangat efektif untuk menarik perhatian employer.

      Contoh pada proyek upgrading to Joomla 2.5 and Virtuemart 2 yg Pak Ketut bid terakhir:
      Employer merasa cukup jelas mendeskripsikan proyeknya dengan memberikan url websitenya, jadi menurut saya permintaan Anda "please give me further detail..." kurang spesifik, dan employer sangat jarang mau merespon itu considering banyak tawaran menarik lainnya yg bisa dia pilih.
      Lebih baik membuat dia penasaran seperti: "I am ready to start to upgrade them for you, but still need a little bit clarification from you in pmb. Can't wait to get my hand on it".

      Lalu jelaskan apa masih yg Anda perlukan di pmb (private message board) dan sertakan sedikit sample page yg bisa Anda buat menggunakan Joomla 2.5 atau Virtuemart 2. Simple saja.

      Lalu Anda juga bisa memasang sponsor bid $1 agar bid Anda bisa berada paling atas dan dilihat pertama kali oleh employer (mumpung dia beum kembali online, karena saya lihat dia online terakhir tgl 23/06 jam 4 pagi).
      Saya lihat employer ini juga baru dan ada kemungkinan proyek ini tidak diteruskan utk diaward, nanti kalau proyek ini expired atau ditutup, uang $1 Anda akan dikembalikan ke saldo. Tapi kalau orang lain yg di-Award, tentunya $1 melayang, tp Rp.9500 utk mencari peluang dapat Rp.2,1jt is not really a big deal, isn't it?

      Freelancer terbanyak dan tercepat memasang bid memang dari India, tapi tidak perlu khawatir dengan mereka. Kalau saya bisa mengalahkan mereka (di bidang saya), Anda juga pasti bisa! Mereka memang betul2 rajin dan kerja keras dan berani dibayar murah, tapi tidak sedikit juga employer yang mengatakan kecewa bekerja sama dengan mereka, proyek tidak selesai, minta tambahan uang setelah proyek berjalan, molor waktunya, hasil kerjaan mengecewakan, tidak komitmen, dll.

      Semoga membantu,
      Daniel

      Delete
  32. selamat malam mas daniel...
    kalo sttus kita free member sama dasar, plus dan standard itu bedamya apa ya mas? trus enakan verifikasi pembayaran pakek paypal apa kartu kredit? trus bedanya apa?

    maaf klo nanya lagi, maklum masih baru mas, hehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mas Bagus Wahyudi, selamat malam.
      Tabel perbandingan jenis keanggotaan secara jelas diilustrasikan di:
      http://www.freelancer.co.id/membership/

      Utk verifikasi pembayaran, supaya tidak salah pengertian, sy akan ulangi lagi di sini.
      Ini adalah BUKAN cara utk menarik uang hasil kerja kita di freelancer.co.id, ini adalah verifikasi cara kita untuk melakukan PEMBAYARAN ke Freelancer.co.id untuk membeli beberapa fasilitas, seperti:
      1. Biaya keanggotaan per bulan
      2. Memasang sponsor bid pada penawaran kita di suatu proyek agar penawaran kita naik ke paling atas di antara bid yg lain.
      3. Memasang highlight bid pada penawaran kita agar penawaran kita disoroti dgn warna lain sehingga menarik perhatian employer.
      4. Membayar ujian2 yg berbayar yg ingin kita ikuti.
      5. Membayar biaya project fee ketika kita menerima (Accept) suatu proyek yg diberikan (Award) kepada kita oleh seorang employer.

      Kalau saya dulu, untuk melakukan itu semua di atas selalu memakai sisa saldo saya di akun Freelancer.co.id hasil dari proyek2 yg saya selesaikan, sy tidak pernah memakai PayPal ataupun Kartu kredit saya utk membayar itu semua.

      Tapi memang jelas PayPal dan Kartu Kredit bisa digunakan untuk membeli fasilitas2 yg sy sebutkan di atas asal sudah terverifikasi oleh Freelancer.co.id

      Terlepas dari membuat verifikasi metode pembayaran, kita tetap bisa menarik uang hasil kerja kita ke akun PayPal/Skrill yg kita miliki (menarik uang ke akun kartu kredit tidak bisa!)

      Selama ini saya sendiri memakai akun PayPal utk menarik uang hasil kerja saya, dimana akun PayPal saya telah terverifikasi dengan kartu kredit saya (OLEH PAYPAL, BUKAN oleh Freelancer.co.id), untuk memungkinkan transaksi menerima uang di PayPal tidak dibatasi $100 oleh PayPal.

      Jadi... terserah mas Bagus mau pakai yg mana.
      Silakan tanya lagi kalo msh bingung :)
      Daniel

      Delete
  33. Saya siap mengejar reputasi anda di Freelancer.co.id.
    Semangatttttttttt

    ReplyDelete
  34. selamat siang pak Daniel.ada employer yang mengirim sebuah pesan
    ( I have included two files for you, If your interested you can price these jobs individually for us? ) lalu tak terjemahkan di google. hi,hi,hi...
    ketika saya mau membalasnya tapi pada kotak massages, ada tulisan (You are no longer able to message this user) muncul terus. apakah pada kotak massages ada batasnya. atau ini dilarang oleh pihak frrelancer.com...? lalu bagaimana saya mau menghubungi emploter iyu? semoga pak Daniel mempunyai solusi.
    maturnuwun. saya tinggal di jogja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Lanang, itu kemungkinan proyeknya sudah dibatalkan oleh employernya atau diblock atau dihapus oleh Freelancer.co.id karena melanggar ketentuan, jd kita tdk membalas ke employer itu lagi.

      Seorang employer hanya bisa mengirimkan pesan ataupun file kepada freelancer melalui sebuah proyek, jd pasti dia membuat proyek "HIRE ME" langsung kepada mas Lanang, atau proyek yg pernah dipostingkan sebelumnya dimana waktu itu mas Lanang bid di dalamnya.

      Kenapa tidak bisa dibalas? Kemungkinannya adalah:
      1. dia mencantumkan alamat email ataupun contact lainnya dalam pesannya atau apapun yg telah menyebabkan proyeknya atau akunnya di-suspend/di-block/di-hapus.

      2. employernya telah membatalkan dan menutup proyeknya, sehingga kita tdk bisa lagi mengirimkan pesan.

      Solusi: nyari proyek yg lain aja lagi, masih buanyak :) hehehe...

      Delete
    2. selamat malem pak Daniel. kabar baik toh?
      mau nanya lagi . baru kali ini saya mendapat proyek per jam. di situ terlampir "Time Tracker" . apakah saya harus menggunakannya? jika iya, kapan waktu yang tepat untuk mengaktifkannya? padahal saya belum pernah menggunakannya :( saya tunggu tips dari pak Daniel. maturnuwun.

      Delete
    3. Malam mas, khabar baik, tks.

      Paling penting utk diketahui dulu:
      "Dalam proyek perjam, pd akhir proyek freelancer hrs membuat invoice dan employer harus membayar sesuai invoice (baik merilis milestones dan/atau langsung) agar kedua pihak bisa saling memberikan feedback/review. Tanpa Invoice tdk akan bisa"

      Ingatkan employer agar utk TIDAK merilis milestones TANPA INVOICE dari mas Lanang.

      Utk menggunakan Time Tracker, silakan didownload dan diinstal di PC kita.
      Gunanya adalah utk mencatatkan waktu kerja kita secara otomatis di proyek yg sedang kita kerjakan. (username & password adalah sama dgn yg digunakan utk login ke situs freelancer).

      Nanti akan terlihat nama proyek per jam kita yg on-going tsb di dalam aplikasinya. Aktifkan TimeTracker setiap kali kita mengerjakan proyek tsb, aplikasi ini merekam screenshot di desktop kita dgn interval wkt tertentu, jd pastikan kita hanya mengerjakan proyek yg berkaitan sewaktu mengaktifkan Time Tracker.
      Kalau kita Stop/Pause, maka catatan waktu akan berhenti (mungkin Pause bs digunakan kalau ingin buka sementara yg lain).

      However settingan posisi screenshot yg diambil areanya bisa diatur di settingan dan gambar yg sdh terupload ke proyek bisa kita delete jk memang tertangkap yg tdk ingin kita tunjukkan kpd employer dgn cara membuka Tab TimeTracker pd proyek tsb.

      Catatan waktu tsb. yg terekam otomatis adalah utk dasar kita men-generate invoice ke employer (tp ingat employer msh punya hak protes jika tdk setuju dan menurut dia catatan waktunya tdk masuk akal/kelebihan).

      Tapi penggunaan Time Tracker TIDAK WAJIB (prinsipnya hanya utk mempermudah dan membuat fair kedua belah pihak).
      Kalau tidak menggunakan aplikasi ini, maka pastikan ada kesepakatan (sebelum mulai) ttg berapa jam lamanya hingga proyek selesai, jd pd akhirnya kita buat invoice sesuai perjanjian dan employer membayar invoicenya.

      Semoga cukup jelas,
      Daniel

      Delete
  35. pak Daniel, saya ingin bertanya kalo di freelancer untuk metode pembayaran cuma ada 3 ya? skrill, kartu kredit sama paypal? atau ada yang lain?? makasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo chiko laura, terima kasih atas pertanyaannya.
      Betul ada 3 cara metode pembayaran spt Anda sebutkan, tp agar tdk salah paham, mohon baca jawaban saya di atas (scroll dikit ke atas) pada pertanyaan oleh:

      bagus wahyudi29 Juni 2013 06.19

      Metode pembayaran adalah BUKAN merupakan cara kita dibayar, melainkan cara kita untuk melakukan pembayaran.

      Delete
  36. berarti kita dibayarnya gmn pak Daniel? klo belum terverikasi apa bisa mendapatkan pekerjaan dan dibayar? :)

    ReplyDelete
  37. mereka bayarnya lewat apa pak Daniel? maaf banyak nanya Pak.. hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo chiko,

      Prinsip cara kerjanya sistemnya begini:

      1. Kita bid (mengajukan penawaran) pada sebuah proyek, yg bisa kita browsing sesuai keahlian yg telah kita tentukan di profil kita.

      2. Kalau employer setuju dan memilih kita di antara puluhan orang yang jg mengajukan penawaran di proyek tsb., maka employer harus membuat yg namanya "milestones payment" / "pembayaran tanda jadi" yg jumlahnya kita mintakan pd saat mengajukan bid.

      3. Kalau employer sdh membuat milestones, silakan Anda terima (Accept) proyek tsb dan mulai bekerja.

      4. Setelah pekerjaan selesai sesuai dgn waktu yg disepakati kedua pihak sebelumnya (antara kamu dan employer), maka serahkan/kirim hasil pekerjaannya kpd employer.

      5. Employer akan memeriksa, dan mungkin memberikan feedback/koreksi atau kalau tidak ada masalah, dia akan merilis milestone yg dibuat pd awal proyek (point no.3 di atas). Kalau employer belum jg merilis, ingatkan saja secara sopan, karena mungkin employernya jg "baru" dan blm mengerti sistemnya.

      6. Milestone yg dirilis akan masuk ke saldo akun ke di Freelancer.co.id

      7. Kemudian kita tarik saldo tersebut ke akun PayPal/Skrill kita, lalu tinggal tarik lagi ke rekening pribadi kita di Indonesia.

      Semoga lebih jelas, tp kalau masih ingin bertanya silakan.
      Daniel

      Delete
  38. selamat malam pak daniel.....saya pekerja pt. elcapack jaya.....
    saya mau mencoba bergabung di freelancer.co.id nih....
    kan harus terperivikasi sama paypal ya pak....???? tapi paypal saya masih belum terperivikasi sama kartukredit....
    saya juga sudah melakukan penawaran sama si pemberi kerja juga malah tidak ada kelanjutannya..... gimana tuh pak solusinya????
    terima kasih pak....
    endi mulyadi

    ReplyDelete
  39. Pak Daniel saya mau nanya lagi, klo user kan nama pengguna, kalo user ID liat dimananya pak, soalnya saya gk tau user id saya.. :D mohon bantuannya Pak Daniel.. :)

    ReplyDelete
  40. saya mau tanya dong pak
    saya newbie baru ikut ujian gagal terus cuma meningkat 5% saja hehe
    bagaimana triknya bisa lulus ujian pak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ujian apa nih? Freelancer Orientation Exam? apa Bahasa Inggris?

      Kalau Freelancer Orientation Exam:
      1. Temukan jawabannya di FAQ (Frequently Asked Questions) or Pertanyaan yang Sering Diajukan, semua jawaban ada di situ.

      2. Kalo dulu trick saya, sy ambil sreen shot jawaban2 yg salah, yg muncul setelah selesai ujian, dan cari jawabannya di FAQ.

      Saya dulu jg gagal mulu sampe 3 kali, tp hikmahnya sekarang sy tahu persis(luar/dalam) ttg Freelancer.co.id

      Kalo Exam Bahasa Inggris, ngerjainnya berdua atau bertiga gitu, bareng2... hehehe...soalny harus lulus kalo yg ini karena bayar $5.

      Delete
  41. Pak Daniel saya mau bertanya.

    saya sudah mengundang teman saya untuk bergabung di www.freelancer.com

    teman saya sudah bergabung dan mendaftar. tetapi saya tidak mendapatkan $1 seperti yang dijanjikan.

    bisa memberikan saya alasannya?

    terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas pertanyaannya.
      Tapi maaf, kalo itu lebih tepat Anda tanyakan dengan mengirim email ke support@freelancer.com
      Semoga Anda mendapatkan solusinya.

      Karena saya ini bukan Customer Servicenya Freelancer.com :)

      Good Luck ya!
      Daniel

      Delete
  42. siang pak danie.. saya newbie d freelancer.co.id saya mau tanya apakah ketika kita daftar harus punya paypal terlebih dahulu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak perlu.
      Hasil kerja kita uangnya akan disetorkan ke aldo akun kita di Freelancer.co.id.

      PayPal akan diperlukan utk memverifikasi pembayaran2 yg akan kita lakukan di situs tsb.
      Juga diperlukan untuk menarik uang/saldo kita di Freelancer.co.id agar selanjutnya bisa kita tarik lagi dari PayPal ke rekening bank kita di Indonesia.

      Baca juga jawaban saya di sini (scroll ke atas):
      http://danielgpratidya.blogspot.com/2013/01/freelancercoid-telah-mengubah-hidup-saya.html?showComment=1371786398639#c7041365191366510215

      Delete
  43. sore pak daniel, saya baru tau freelancer.co.id tdi pagi, dan baru daftar tadi siang,. trus abis baca2 postingannya pak daniel juga, masih bingung dengan sistem bekerjanya dan metode pembayarannya, blum berani ambil kerjaan, cz masi newbie banget,
    lha brusan nemu sesuatu yg bikin saya tertarik, freelancer contest, saya tertarik ikutan contest2 itu, skalian blajar dulu lah, syukur2 kalau berhasil menang,.
    lha yg mau saya tanyakan, gmana pndapat bapak tntang langkah yg saya ambil? trus, jika saya menang, apakah hadiah saya langsung dikirim k akun freelancer.co.id saya? kalaupun begitu, apakah uang yg saya dapatkan tetap disana(tidak hilang)? karna saya juga belum buat metode pmbayaran trsebut, rencana saya klo memang bisa begitu, uang yang saya dapatkan dri contest (semoga saja dapet yah, hehe)mau saya kmpulin dulu, buat ujian di freelancernya biar employernya prcaya :D, dll, klo udah kmpul banyak bru diambil, lwat paypal ato apalah(msi blum paham cara ambilnya hehe)
    gimana mnurut bapak?
    mohon pencerahannya, hehe
    trimakasih pak,. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sore mas Faris,
      Langkah yg mas ambil sudah Ok.

      Verifikasi metode pembayaran adalah utk melakukan pembayaran di Freelancer.co.id, BUKAN sebaliknya, bukan cara kita memperoleh bayaran.

      Uang yg kita peroleh dari menang kontes ataupun menyelesaikan proyek akan dimasukkan ke dalam saldo akun kita di Freelancer.co.id yg kemudian bisa ditarik ke akun PayPal atau Skrill kita.
      Selama kita tidak melakukan penarikkan atau pembayaran untuk membership fee per bulan, memasang sponsor bid, memasang higlight bid, ikut ujian dll. maka saldo akan tetap tidak akan berkurang ataupun hilang.
      However, harap perhatikan bahwa bila kita menerima proyek, maka biaya proyek (10%/5%/3% tergantung keanggotaan) akan langsung dikurangi dari saldo kita.

      Betul banget, uang yg mas Faris dapatkan di saldo nantinya bisa dipakai ikut ujian dll. Dan langkah inipun yg saya tempuh dulu. Setelah ratusan dollar terkumpul, baru saya bingung cari cara yg enak utk ngambil uangnya hehehe... yg penting angka $0 harus pecah dulu.

      Semoga membantu, kalo masih bingung silakan tanya lagi Kalau bisa pertanyaan baru, jangan yg sdh pernah ditanyakan orang :)

      Salam-Daniel

      Delete
    2. oke paak, trimakasih atas pencerahannya,
      lagi asik bkin2 design buat kontes ini, sapa tau ada yg berhasil :D

      klo ada yg bngung pasti saya tanyakan kmbali,
      smoga makin sukses pak, :D

      Delete
  44. salam pak daniel.
    saya termasuk pengguna baru di freelancer.co.id ini
    dan saya ingin serius menjalani freelancer ini di samping sebagai mahasiswa baru kan biasanya banyak libur dan waktu banyak yang nganggur. jadi lebih baik gunakan ke yang bermanfaat dan dapat uang pula,,, hehehe
    saya mau bertanya pak daniel, saya sudah bidding dan di terima oleh employer. tapi saya masih ragu untuk bekerja karena saya tidak yakin dengan employer nya. saya takut udah capek2 kerja tapi tidak di bayar. yang buat saya ragu itu foto employer tidak ada, dan verifikasi pembayarannya juga belum dan saya lihat dia termasuk employer baru. employer itu menerima saya kategori entry data dan upahnya juga lumayan. itulah yang membuat saya tertarik tetapi keraguan juga muncul karena tidak yakin.
    mohon pencerahannya pak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mas, terima kasih atas pertanyaannya.
      Maksudnya 'diterima' apakah si employer sudah AWARD proyeknya kepada Anda? Utk memastikan sdh AWARD apa belum, akan ada email pemberitahuan seperti pada contoh di:

      http://danielgpratidya.blogspot.com/2012/11/bagaimana-memenangkan-lelang.html?showComment=1369816044839#c5007068629640354998

      Dan pastikan Anda membaca jawaban saya atas pertanyaan
      chiko laura30 Juni 2013 04.44 (scroll ke atas).
      atau buka di sini:

      http://danielgpratidya.blogspot.com/2013/01/freelancercoid-telah-mengubah-hidup-saya.html?showComment=1372593667815#c5746952287204142153

      Utk menilai Employer bisa dipercaya atau tidak, baca penjelasan saya atas pertanyaan oleh
      Boyke Kusumanto10 Mei 2013 18.22(scroll lebih ke atas lagi)
      atau buka di:

      http://danielgpratidya.blogspot.com/2013/01/freelancercoid-telah-mengubah-hidup-saya.html?showComment=1368251879155#c3694358612809930222

      Dan Hati-hati terhadap proyek data entry CAPTHCA, baca penjelasan saya di:

      http://danielgpratidya.blogspot.com/2012/11/bagaimana-memenangkan-lelang.html?showComment=1370224795165#c8265345535899286865

      Semoga membantu,
      Daniel

      Delete
  45. Maaf pak numpang tanya lagi.. kalau proyek kerja isi formulir online itu harus hati-hati juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mas, prinsipnya sebenarnya mudah utk mengidentifikasi fraud project (penipuan):

      Pokoknya sebelum kita menerima (ACCEPT) proyek yang diberikan (AWARD) kepada kita, pastikan bahwa employer sudah membuat milestones payment.

      Kalau belum, jangan diterima dan jangan dikerjakan.
      Ingatkan employernya utk membuat milestones, kalau dia tidak mau, jangan mau kerja ataupun menerima proyeknya.

      Delete
    2. cara untuk mengetahui kalau employer sudah buat milestones bagaimana?

      Delete
  46. pak danil saya baru tadi siang daftar di freelancer.co.id. akun saya http://www.freelancer.co.id/rss/notify_heroesika.xml, saya masih bingung cara memilih proyek yang asli atau yang palsu, bagaimana caranya ya pak? saya ingin mengikuti jejak pak danil nih, trima kasih sebelumnya pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mas heru, pertama2 memang bingung, sy jg dulu gitu kok.
      Tapi lama-lama juga bisa membedakan kok asal terbiasa.

      Bisa identifikasi dari deskripsi proyek, bisa dari asal negara employer, bisa dari review employer, bisa dari badge terverifikasi employer, dll...
      Gak usah bingung, bid aja terus sambil dipelajari suasananya mas hehehe...

      Utk profilnya, sebaiknya resume dibuat dalam bahasa Inggris dan ikuti Freelancer Orientation Exam, Gratis kok.
      Tentukan tarif per jam Anda.
      Upload gambar di portofolio, dari contoh hasil kerja atau yg menggambarkan keahlian Anda.

      Delete
  47. Pak Daniel saya masih ingin ngobrol banyak sama Bapak.. :) kalo Pak Daniel kebanyakan Job, bagi-bagi ke saya.. hehehe, blm pernah dapet sih.. :D but i will never give up!! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Chiko,
      Boleh, saya yg kebanyakan adalah proyek vba excel programming. Kamu bisa? btw sudah daftar IFA blm? kalo udah username Freelancer.co.id nya apa?

      Delete
  48. saya sudah mendaftar pak.. usernamenya Chiko09.. makasih sebelumnya pak Daniel sudah mau membalas komentar saya lagi.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Username di freelancer.co.id sdh sy check: Ok!
      Tapi waktu pendaftaran IFA gak dimasukkan usernamenya ya? Bisa infokan ke saya nama (plng tidak nama belakang) yg didaftarkan ke IFA? spy bisa sy cari di database.

      Delete
  49. Om Daniel, Saya sudah daftar. saya mohon bimbingannya. Kalau bisa, mungkin om Daniel mau membuat tutorial lengkapnya dalam bentuk e-book. ID saya: http://www.freelancer.com/u/govindadash.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Govinda Dasa atas tawarannya, kalau untuk tutorial rasanya tidak perlu, tapi perlu untuk buku panduan para freelancer member IFA dan kita sedang rumuskan, pada saatnya nanti kalo kami siap (hmmm... tp setelah beberapa event IFA), kemungkinan akan dibuka Kontes/Proyek utk ini hehehe..
      Siap-siap aja ya?

      Cheers,
      Daniel

      Delete
  50. Terimakasih infonya pak Daniel
    salam kenal.

    ReplyDelete
  51. salam pak daniel, saya sudah bergabung difreelancer sejak januari 2013..
    sudah sering bid tapi belum satupun project yang didapat..
    project yang sering di bid adalah data entry dan excel karena hanya akan membutuhkan waktu yang sedikit untuk menyelesaikaannya
    user saya adalah http://www.freelancer.com/u/batakcoder.html
    mohon pencerahannya pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mas Sahbana LUbis, saya lihat sdh bergabung sejak Mei 2012. Coba ikuti tips saya di halaman sebelah:
      http://danielgpratidya.blogspot.com/2012/11/bagaimana-memenangkan-lelang.html

      Delete
  52. salam kenal pak daniel, saya baru bergabung dengan freelancer tapi saya bingung apa yang harus saya lakukan, saya takut salah dan takut gak bisa ngerjain project pak. user saya http://www.freelancer.com/u/apriapriapri.html , untuk portfolio diisi tentang apa ya pak ? mohon bantuannya, terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Apriyanti, portofolio dimuat hasil karya kita, atau sesuatu yang menjelaskan keahlian kita, yang bisa membuat para employer tertarik dan penasaran ingin bertanya lebih lanjut :) Pastikan "nendang" dan "eye catching".

      Jangan takut, kalau ragu2 setelah diskusi dengan employernya, ya jangan diterima proyeknya sewaktu seorang employer meng-AWARD proyek ke kita.

      Tapi memang untuk Proyek yang kita bid, kalo ditolak akan dikalkulasi oleh Freelancer.co.id, dan kalau kebanyakan nolak proyek akan diberi Warning! ujungnya kalau terus begitu akan disuspend akunnya.

      Delete
  53. pak Daniel, nama belakang saya Papea :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf chiko laura, masih blm ketemu :(
      Kamu yakin dah buka dan ISI form IFA registration di:

      http://bit.ly/IFA-form

      username Freelancer: Chiko09 (ok!)
      di-search nama belakang 'Papea' ataupun username Freelancer-nya juga gak ketemu di list member IFA.

      Delete
  54. asslmulykum....
    salam kenal pak daniel, saya baru bergabung dengan freelancer tapi saya bingung mengenai bbrpa hal.
    1.saya utk smntara ini memasukkan data utk verivikasi, akan tetapi data untuk bukti alamat itu apakah bisa diganti dgn yang lain berhubung yag sya baca di FAQnya haxa ada tagihan dan rekening bank brhububg sya masih tingal dgn ortu jdi smua tagihannya atas nama ortu, apakah ada berkas lain yg bisa digunakan.......?
    2.apakah jika qt belum terverivikasi qt tidak bisa mem bid proyek yang ada...?
    thanks sblumnya.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam, Salam kenal mas Junaedi,
      Good Questions! terima kasih.
      Verifikasi Data Pribadi dgn melengkapi:
      1. Bukti diri identitas (paspor/KTP),
      2. Foto dan nomor sandi (yg diberikan wkt verifikasi) dan
      3. Bukti alamat
      adalah utk keamanan kita sebagai user di Freelancer.co.id.

      Anggota yang terverifikasi akan lebih cepat dan lebih mudah dalam pengurusan hal seperti: kalau ada masalah akun dan kalau nanti transfer langsung ke rekening sdh bisa diterapkan di Indonesia, pengiriman kalau kita beli merchandise tertentu, dll.

      1. Bukti alamat bisa: tagihan telpon/listrik, tagihan hp (yg pasca bayar), rekening bank (buku tabungan) yg semuanya bisa menunjukkan nama dan alamat tempat tinggal kita.
      Tapi maaf saya sendiri tidak bisa memastikan, karena itu adalah pihak Freelancer.co.id yg menilai, bukan saya :)

      2. Terlepas dari itu, apabila kita belum bisa melengkapi bukti alamat, tidak masalah kalau kita belum bisa memverifikasi data pribadi kita dan ingin membid proyek dan bahkan menarik saldo hasil kerja kita (kalau punya PayPal/Skrill). Yg paling penting utk diverifikasi adalah:
      1. Email verified
      2. Profil Verified
      3. Phone # verified

      Daniel

      Delete
  55. Assalamualaikum.Salam kenal pak Daniel, saya,kartika baru bergabung dengan freelancer tapi saya takut mengenai sistem pembayaran. Untuk syaratnya sistem pembayarannya ada beberapa pilihan salah satunya adalah paypal. Maka saya daftar akun paypal baru. dan saya tidak punya kartu kredit. Hanya punya nomor rekening atm. Jadi apakah bisa menggunakan itu untuk kedepannya dibayar dari yang memberi project ke kita? Saya sangat takut jika menggunakan kartu kredit u paypal karena bisa saja ditagih dari sumber tidak jelas. Mohon bantuannya, terima kasih :)
    Balas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam mbak Kartika, salam kenal.
      Tentang Sistem pembayaran banyak orang salah paham.

      METODE PEMBAYARAN (Payment Verified):
      adalah cara kita untuk melakukan pembayaran ke Freelancer.co.id waktu membeli ujian, membayar biaya keanggotaan, memasang sponsor bid, dll. Pilihannya adalah:
      1. PayPal
      2. Kartu Kredit
      3. Skrill

      METODE PENARIKKAN:
      adalah cara untuk melakukan penarikkan terhadap saldo kita di akun Freelancer.co.id. Pilihannya adalah:
      1. PayPal
      2. Penarikkan Ekspres (transfer Indonesia blm bisa)
      3. Skrill
      4. Kartu Debit Freelancer.com
      5. Transfer ke rekening langsung (biaya sgt mahal dan bikin deg-deg an krn blm pernah ada yg coba, sy sarankan jgn menggunakan ini)

      Jadi... Anda tidak perlu memverifikasi Metode Pembayaran untuk mendapatkan uang hasil kerja Anda. Tapi paling tidak Anda perlu memverifikasi PayPal Anda HANYA utk membuka pembatasan limit $100 PayPal, BUKAN utk digunakan belanja atau membayar secara online.
      fyi, PayPal sangat aman, asal kita mengerti syarat & ketentuan dan tidak mudah tergiur dengan iklan-iklan yg memungkinkan kita melakukan pembayaran otomatis melalui PayPal.

      Delete
    2. Assalamualaikum. Terima kasih atas balasannya pak Daniel. Jadinya paypal pake kartu kredit y. Ada cara lain simple dan murah biayany selain paypal dan tidak pakai kartu kredit? saya takut banget kalo menggunakan itu bisa2 ditagih dari sumber tidak jelas2. Modalku cuma pas2an pak,hehe. :p

      Delete
    3. Waalaikumsalam mbak Kartika, maaf sepertinya belum ada.
      Mudah-mudahan kalau jml user di Indonesia sudah mencapai 500rb orang, akan ada pertimbangan untuk sistem membayar dan dibayar langsung ke rekening kita di bank.

      fyi, saya dulu memulai ini tanpa modal blas mbak alias Rp.0, modal saya hanya semangat belajar, mencari tahu dari mbah google, dan sedikit modal ilmu dari sekolah dulu.

      Delete
    4. Mmmm bagaimana dengan skrill?dikatakan bisa tanpa kartu kredit. Adakah user freelancer.co.id pernah menggunakannya? terima kasih.

      Delete
  56. Saya baru gabung di sini. Akun saya https://www.freelancer.com/u/hadiku2dipal.html . Udah coba ngebid tapi belum dapaet2 job mas. Kl mas daniel punya job lebih, boleh kiranya saya ikut di bagi.

    Oh ya, saya bisa buat web sendiri jadi lumayan ngerti wordpress, install script, dll. Boleh juga job entri data, excel (sekarang saya sdg belajar VBA excel biar bisa spt pa Daniel).

    Saya punya akun paypal dah verifikasi pakai vcc, tapi sewaktu di verifikasi doleh freelance.com tdk bisa karena tdk punya no rek nya. Kl untuk narik uang masih bisa ga. Terima kasih atas bantuannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mas, nanti kalo udah expert VBA excel bisa hubungi saya lagi untuk saya test :)

      Verifikasi PayPal oleh Freelancer.com akan menarik sejumlah uang dari akun PayPal (+/- $2 kalo gak salah), ke akun Freelancer.com Anda. Jadi Anda harus punya dana tersebut di akun PayPalnya, kalau tidak verifikasi akan gagal.

      Untuk narik uang ya jelas bisa dong. Asal alamat email akun PayPal Anda sudah didaftarkan di Pengaturan Akun Freelancer.com.

      Delete
    2. Siap pak, saya juga sudah daftar di IFA. Kl even IFA di jakarta pasti datang pak. Trims..

      Delete
  57. saya baru daftar pak Daniel.. ^.^, saya betul-betul buta dengan yang satu ini.. makanya saya pikir sudah langsung kedaftar.. tapi tadi saya sudah buka link yang bapak kasih dan sudah mendaftar.. namanya Chindi Papea, Pak.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok sip, datanya sudah masuk ya Chindi Papea, terima kasih :)
      Tgl. 27 Juli ada event pertama IFA datang ya! Nantikan Info lengkapnya yang akan diupdate melalui facebook page IFA dan facebook page Freelancer.co.id

      Delete
  58. iyaa pak!! dengan senang hati!! :)

    ReplyDelete
  59. salam kenal pak Daniel
    sebenarnya saya sudah daftar freelancer sejak 2012, namun dulu belum serius pak.
    oiya pak klo bisa bikinin forumnya donk buat sharing,pertanyaan2 diatas bagi saya sangat penting sekali buat newbi seperti saya :)
    oiya saya juga sudah regis untuk acara tanggal 27, semoga bisa bertemu dengan bapak :)

    https://www.freelancer.co.id/u/abdeedillah.html
    http://www.abdesignerweb.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal mas adbee dillah, terima kasih atas usul briliantnya.

      Forum sementara kita rencanakan akan secara simple kita organize dalam tanya-jawab di bawah artikel-artikel/web site content seperti ini di dalam website IFA.
      Soft launch (belum full feature) website IFA pada saat acara 27 Juli nanti.
      Tapi silakan usulkan lagi di acara tgl 27 nanti kalau memang akan lebih efektif dalam bentuk forum diskusi, semakin banyak yg mendukung usulan Anda, akan semakin besar kemungkinan kita mewujudkannya untuk Anda (biar sponsornya biar denger gitu hehehe).

      Keren banget profile page-nya mas, sip!
      Saya tunggu pertanyaan2nya tgl 27 nanti, kalau mau ketemu saya ekslusif datengnya duluan aja sebelum jam 4, see ya :)

      Delete
  60. Sore Mas Daniel,

    Sangat inspiratif membaca tulisan Anda dan kemarin saya pun ikut mendaftar di Freelancer Indonesia hehehe.... :-)
    Yang saya ingin saya tanyakan adl untuk mengasah keahlian spt Excel, VBA kita cari dimana ya?
    Oya, sekedar informasi bahwa website Freelancer Indonesia loadingnya lamaaa sekali.
    Pertama saya kira internet saya tetapi waktu saya coba di Freelancer.com dan website lain ternyata loading lancar lancar saja.
    Mudah-mudahan pihak manajemen Freelancer Indonesia bisa memperbaikinya.

    Terima kasih dan salam hangat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sore mas Nuradi,
      Terima kasih atas pertanyaannya.
      Untuk mengasah keahlian Excel + VBA bisa:
      1. Mencoba bid dan mengerjakan proyek2 excel vba. Download sample attachmentnya bila ada, dan coba kerjakan meskipun belum bisa menang bid, tp ilmunya akan tambah.
      2. Browsing di mbah google code-code vba or snipet yang diperlukan, karena akan mempercepat pd saat kita mengerjakan proyek sesungguhnya.
      3. Kalau nanti saya ada waktu lebih, kalau Anda bersedia dan merasa sudah siap akan saya test, btw sudah jadi member IFA blom?

      Regarding Freelancer.co.id lambat, terima kasih atas sharingnya mas, coba di-postingkan aja di facebook page mereka mas biar mereka concern. Dan bila ini terjadi, manuver yang bisa kita lakukan adalah mencoba 2 websites lainnya:
      1. Freelancer.com (spt yg sudah Anda lakukan)
      2. Freelancer.com.au (Head Office Freelancer di Australia)

      Akun kita berlaku di seluruh website International maupun regional Freelancer.com

      Salam Hangat,
      Daniel

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. Terima kasih atas pertanyaan lanjutannya Mas Nuradi,

      Data Entry lebih banyak, karena yg paling mudah.
      Tidak memerlukan skill tertentu dan cukup bisa mengetik, teliti, dan bisa mengoperasikan paling tidak Microsoft Office terutama Excel. Tidak perlu kursus, cukup otodidak.

      Tapi...
      Karena banyaknya peminat (freelancer baru yg masih belum tahu) dan mudahnya proyek ini, banyak sekali orang yang memanfaatkan mereka para user baru/freelancer baru untuk ditipu, HATI-HATI!
      Terutama proyek pengetikan Captcha! baca jawaban lengkap saya di sini:

      http://danielgpratidya.blogspot.com/2012/11/bagaimana-memenangkan-lelang.html?showComment=1370224795165#c8265345535899286865

      Tanyakan kepada employernya agar membuat pembayaran tanda jadi (milestones) tsb. sebelum Anda menerima proyeknya ataupun memulai pekerjaan.

      Salam,
      Daniel

      Delete
    4. Trims atas respon dari Mas Daniel :-)

      Ada lagi yang saya mau tanya, saya lihat job Entry Data adalah job yg terbanyak.
      Keahlian apakah yang harus kita punyai untuk mengerjakan job-job Entry Data?
      Apakah sebaiknya kita kursus dulu atau cukup belajar secara otodidak?

      Terima kasih,
      Nuradi

      Delete
    5. Jawabannya dah di atas postingan yg terakhir tuh mas Nuradi :)

      Delete
  61. maaf saya pemula di freelance.co.id
    saya ingin menyelesaikan tes saya di freelance ,
    tolong saran nya untuk mengikuti tes employer orientation ?
    dan tolong kasih saran untuk pemula bagi saya ,
    suwun mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Chriisando Nugroho, kalau mau jadi freelancer ikutnya Freelancer Orientation Exam, bukan Employer Orientation.

      Jawaban dari semua test tersebut ada di FAQ, silakan dipelajari di situ.

      Good Luck ya

      Delete
  62. menurut bung ... yang terjadi sama dia, kenapa penyebabnya?
    http://www.redcarra.com/pengalaman-buruk-bersama-freenlancer-co-id/#comment-3187

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kasus tersebut sudah dicounter oleh ibu Helma Kusuma, dan telah selesai (in case Anda belum membaca pernyataan penulis pada akhir komen di blog tsb).

      Kalau dari ceritanya, menurut saya hanya kesalahpahaman/ketidakmengertian/salah anggapan atau salah mengklik untuk konfirmasi biaya keanggotaan Basic $5.85 per bulan, dan selama keanggotaan tidak dihentikan, maka akan ditagih otomatis terus tiap bulan.

      Fyi, biaya keanggotaan otomatis mengurangi saldo ataupun kalau saldo kita $0, akan ditagihkan ke metode pembayaran yang telah kita verifikasikan (co. PayPal, Kartu Kredit).

      Saya menggunakan situs ini sdh lama sekali, dan semuanya aman dan jelas konfirmasinya, karena saya selalu membaca dengan seksama Syarat dan Ketentuan dari Freelancer.co.id, kalau pun ada kesalahan terjadi, semua itu bisa dicounter dan dikembalikan ke keadaan semula dengan menyerahkan bukti2. Bisa dengan mudah kita email ke support@freelancer.com, kalau masih mentok kita punya Indonesia Country Manager Ibu Helma Kusuma yang bisa membantu.

      Delete
  63. dear pak daniel, klo saya tidak punya credit card bagaimana ya..? apakah bisa di bayarkan apabila saya memenangi proyek..? many thanks be4 pak danile

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertanyaan ini sudah sering dibahas dalam tanya jawab di komentar pada 2 artikel ini di blog saya, silakan dipelajari.

      Delete
  64. selamat malam dan salam kenal pak daniel. saya megantara . saya mau tanya pak, syarat-syarat yang wajib dipenuhi agar bisa ikut pekerjaan ini apa ya , pak ?

    terima kasih .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Langkah2 newbie di Freelancer.co.id:
      1. Lengkapi Profil page (foto profil, resume, publikasi, portofolio, dll.)
      2. Pilih keahlian2 kita
      3. Tentukan tarif per jam kita
      4. Ikuti Freelancer Orientation Exam.
      5. Ikuti tips-tips saya dalam memenangkan bidding proyek di:

      http://danielgpratidya.blogspot.com/2012/11/bagaimana-memenangkan-lelang.html

      Delete
  65. Semoga kang Daniel diberikan kemudahan untuk setiap urusannya aamiin. Kang mau tanya kalau untuk penyelesaian semua transaksi keuangan harus via paypal atau kartu kredit ya? Ada saran dan langkahnya bagaimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaammiinnnn....
      Terima kasih Kang Rushiwan :)
      Untuk menerima pembayaran bisa via:
      1. PayPal
      2. Skrill
      3. Kartu DEBIT Freelancer.com

      Kartu kredit hanya utk melakukan pembayaran, BUKAN utk menerima pembayaran.

      Utk lbh lengkap lagi silakan baca jawaban saya di:

      http://danielgpratidya.blogspot.com/2012/11/bagaimana-memenangkan-lelang.html?showComment=1370602424892#c631606309805992057

      Delete
  66. Salam kenal Pak Daniel, saya baru bergabung di Freelance.co.id dan saya mau menanyakan sesuatu. BTW Kenapa Saya tidak bisa memperbarui profil Saya di Freelance Pak? terutama untuk mengisi tarif per jam, tambahkan sub judul, dan tambahkan ringkasan. Selalu saja kalau Saya sudah mengisi, kemudian setelah itu Saya ingin menyimpannya ada tulisan Form Submission Error! Kenapa hal tersebut bisa terjadi Pak?
    berikut alamat Freelance Saya:
    http://www.freelancer.co.id/u/gallyn.html
    Mohon pengarahannya,terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo gallynditya, salam kenal.
      Coba kirim email ke support@freelancer.com, pasti mereka bisa bantu. Kemungkinan ada masalah sementara utk maintenance atau lainnya.

      Delete
  67. Wahh Bersyukur saya MAsuk ke Blog Pak DANIEL ☺☺☺
    Jdi , dapet Ilmu yg BAnyak.
    Sebenarnya Saya Berniat Sekali Ingin Mendaftar Di Freelance.co.id
    Tapi apa yg harus saya Tawarkan , sementara semua sudah ada pak.

    Mohon Masukkannya Pak Daniel G.Praditya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Silvan Rianda, justru ukurannya adalah banyaknya skill yg tersedia di Freelancer.co.id adalah untuk dipilih yg sesuai dengan skill yg Anda punya.

      Di sini kita menawarkan skill kita, dan utk mendapatkan proyek, kita mengikuti lelang proyek (bidding). Nanti emplyoyernya akan memilih siapa yg akan menang bid, dan akhirnya memberikan proyek tsb kepada dia.
      Oleh karena itu penting mempelajari bagaimana kita bisa memenangkan bidding, terutama utk pemula (newbie) yg baru seperti Anda :)

      Silakan baca jg postingan artikel saya yg pertama ttg tip bagaimana memenangkan bid di Freelancer.co.id
      Dan juga tanya-jawab di komentar di bawahnya.

      Good Luck ya,
      Daniel

      Delete
  68. selamat siang pak daniel. pak saya mau tnya, maksudnya kredit di freelancer.co.id itu apa ya pak. pas kita mau cek level kita di pojok kiri atas ada tulisan misal "155 kredit" dengan logo koin emas gitu, itu maksudnya apa ya pak?

    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Megantara Pratama,

      Kredit point yg kita miliki itu bisa ditukarkan utk membeli ujian, membeli paket jatah bidding, menyoroti bid kita waktu kita melakukan bidding, mengisi ulang penuh kembali jatah bid yg telah habis, termasuk membeli kesempatan berbicara dengan CEO Matt Barrie via Skype.

      Jadi tidak menggunakan uang, melainkan menggunakan kredit point kita.

      Utk menukarkan kredit silakan kunjungi Credit Shop / Toko Kredit di:
      http://www.freelancer.com/users/game
      (hrs login dulu!)
      Setelah itu klik Tab "Credit Shop"/"Toko Kredit"

      Kredit point akan kita peroleh setiap melakukan tindakan tertentu dalam situs Freelancer.co.id / .com
      Membuat bidding, menerima Project Award, menyelesaikan Proyek, Dibayar via milestones, mempostingkan feedback, mengikuti kontes, dll...dll.... banyak sekali cara utk mengumpulkan kredit point.

      Delete
    2. selamat malam pak daniel. saya mau tanya pak. kalau mengundang teman kan apabila kalau teman yg kita undang itu mendaftar krn undangan kita, lah kan kita diberi bonus 1 dollar . saya itu mengundang teman dan ada beberapa teman saya mendaftar di freelancer.co.id . saya dapat pak bonusnya, yang ingin saya tanyakan apakah bonus itu bisa ditarik atau ditransfer ke rekening kita ? kalau bisa caranya bagaimana pak ?

      Delete
    3. Selamat ya atas perolehannya,

      Ttg METODE PEMBAYARAN vs METODE PENARIKAN mohon dipahami dulu dengan membaca jawaban saya di sini:
      http://danielgpratidya.blogspot.com/2013/01/freelancercoid-telah-mengubah-hidup-saya.html?showComment=1373870429897#c2516997420354215424

      utk pembayaran menggunakan apa? tergantung Anda punya apa dari salah satu metode tsb? Anda punya akun PayPal? atau punya akun Skril? kalo punya, ada saldonya gak?
      Atau Anda punya Kartu Kredit? silakan digunakan untuk melakukan pembayaran di Freelancer.co.id.....sstt...tapi.. memangnya Anda ingin membayar apa?

      Nah... apakah ada kesalahpahaman ttg pengertian ke-2 metode ini? Mudah2an sekarang sdh lebih jelas :) setelah membaca link yg saya berikan di atas.


      PENARIKAN:
      Range penarikkan adalah antara 30 - $30,000.
      Kalau masih di bawah $30 belum bisa ditarik.

      Untuk menarik saldo kita, buka halaman metode penarikan:
      Mouse hover ke atas menu Tab Keuangan/Finance > lalu pilih Tarik Dana/Withdraw Fund.

      atau kalo sudah login, langsung buka halaman ini:
      https://www.freelancer.com/payments/withdraw.php

      Di situ tinggal pilih mau ditarik kemana. ke akun PayPal Anda atau akun Skrill Anda atau Kartu Debit Freelancer (payoneer) Anda. Tergantung Anda punya yang mana?

      Silakan browsing tanya-jawab yang ada di blog saya ini, utk mencari jawaban dari pertanyaan2 yg Anda punya, caranya cukup press ctrl+f saja, lalu ketikkan kata kunci yg ingin di cari.

      Salam,
      Daniel

      Delete
    4. terima kasih pak sebelumnya atas jawabannya. td saya sudah melihat tentang metode penarikan. lebih untung mana ya pak metode penarikan menggunakan PayPal dan Skril bagi saya yg baru pertama gabung ini. ?? kalau akun paypal jga msih belum punya pak apalagi akun skrill . dan sempat dulu saya tahu di tanya jawabnya blog bapak ini, bapak menyarankan pakai skrill .

      pak ada satu pertanyaan lagi , pas saya coba menawarkan diri lelang pekerjaan itu kita disuruh membayar ya pak ? setiap kali kita mau menawar itu membayar pak sekitar lebih dari S1,50 untuk menjadi penawaran yg teratas. dan kalau tidak itu diurutan tengah2 gt pak bahkan dibawah.
      tlng berikan infonya.

      Delete
    5. Itu adalah fitur sponsor bid / penawaran terdanai / penawaran bersponsor.
      Freelancer.co.id menyediakan fitur ini utk "mendongkrak" posisi penawaran kita menjadi di paling Atas di daftar panjang bidding list, ini adalah PILIHAN! bukan keharusan ataupun disuruh.

      Bagaimanapun berada di paling atas mempunyai peluang yg lbh besar utk memenangkan bidding dan dilirik oleh employer, oleh karena itu jika Anda memutuskan menggunakan ini, pastikan Anda membuat proposal yang serius dan bisa meyakinkan employer mungkin dengan sample, yg paling penting Anda harus yakin bisa menyelesaikan proyek tsb sesuai keinginan employer.

      Jika Anda memasang Sponsor Bid pun tidak masalah.
      Jadi sekali lagi BUKAN KEHARUSAN!

      Silakan baca tips saya ttg hal ini di:

      http://danielgpratidya.blogspot.com/2012/11/bagaimana-memenangkan-lelang.html?showComment=1373801659437#c6162219401852596943

      Delete
  69. selamat sore pak daniel, mau tanya lagi. pas saya verifikasi metode pembayaran itu ada 3 cara, 1 pake kartu kredit, 2. pakai paypal, yang ke 3 itu pakai skrill ? terus saya ini lebih baik pilih yg mana ya pak.

    pak daniel, ada satu pertanyaan yg smpat membuatku bingung. ktika saya dpt pemasukan misalnya $1 , klo mau ngecek pemasukannya bagaimana ya pak ?
    terima kasih

    ReplyDelete
  70. Alamat email Support Freelance.com-nya yg mana y Pak?
    Terimakasih :)

    ReplyDelete
  71. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  72. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  73. selamat siang pak Daniel

    saya baru di freelancer dan banyak yang ingn saya tnyakan., hehe
    saya mau tanya untuk masalah pembayaran, nah kalau ga punya kartu kredit gmna tu pak?

    trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Herbanu, memang kendalanya adalah untuk yang gak punya Kartu Kredit, mudah2an ke depan kalo jml user Indonesia banyak akan ada cara yg lebih mudah :)

      Delete
  74. waah brati dengan kata lain freelancer ini ga bisa di ikuti mahasiswa sprti saya ya pak,?

    sayang sekali padahal mah pengen cari tambahan :-(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebanyakan di Negara lain, para freelancer paling produktif adalah dari kalangan mahasiswa.
      Maka sangat bisa sekali diikuti para Mahasiswa. Jangan mudah menyerah mas, dimana ada kemauan teguh, pasti ada jalan :)

      Salah satu trik, mungkin Anda bisa minta ijin utk pinjam kartu kredit kakak ataupun bapak. Kartu ini hanya dipakai utk memverifikasi akun PayPal Anda saja, JANGAN dipakai untuk membayar, membeli ataupun belanja lain2nya.

      Setelah Anda memperoleh bayaran dan saldo Anda pecah dari $0 baru Anda bisa pakai saldo tsb utk keperluan lain seperti memasang sponsor bid, membeli ujian sertifikasi, bahkan membayar biaya keanggotaan kalau mau.
      Jangan pakai kartu kreditnya untuk hal-hal tsb di atas.

      Tapi saran saya utk memulai, yang paling penting adalah memenangkan proyek pertama Anda dan membuat saldo Anda tidak $0. Sebaiknya itu dulu difokuskan, karena terus terang tidak mudah memperoleh proyek pertama sampai ketiga bagi kebanyakan orang.
      Oleh karena itu saya sharing pengalaman dan tips di blog ini utk membantu teman-teman berbakat di seluruh Indonesia dari seluruh lapisan tidak terkecuali mahasiswa.

      Delete
  75. siap pak,, terimakasih atas sarannya, saya coba semaksimal mungkin . :-)

    ReplyDelete
  76. Selamat Pagi Pak

    Saya ingin melanjutkan pertanyaan Mas Herbanu.

    1. Apakah ada cara lain yang bisa digunakan untuk verifikasi pembayaran jika kita tidak memiliki kartu kresit?

    2. Apakah kita tetap bisa bekerja terlebih dahulu tanpa melakukan verifikasi pembayaran terlebih dahulu? Tentu saja dengan konsekuensi tidak bisa mengambil hasil usaha kita dalam bentuk cash. Tapi bukankah dengan pecahnya saldo kita tetap bisa memanfaatkan fasilitas di freelancer.com lebih maksimal walaupun belum memverifikasi membayaran?

    terima kasih :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pagi mas Helmi,

      1. Cara lain memverifikasi metode pembayaran adalah dengan akun SKRILL.
      Silakan baca ttg SKRILL di fesbuk page Freelancer.co.id di link berikut:

      http://www.facebook.com/freelancer.co.id/posts/605961739432088

      2. Tentu saja bisa, hasil pendapatan kita akan masuk ke saldo akun kita di Freelancer.co.id / .com dan bisa kita gunakan utk membeli fasilitas dan juga membayar biaya proyek, membeli ujian, membeli sponsor bid, membayar biaya keanggotaan (kalau yg berbayar), dll...

      Dari dulu dan sampai sekarang pun saya selalu menggunakan saldo hasil kerja saya utk semua itu, SAYA TIDAK PERNAH menggunakan akun PayPal ataupun Kartu Kredit saya untuk melakukan pembayaran/pembelian!

      Akun PayPal: hanya saya gunakan utk menarik saldo dari Freelancer.co.id ke PayPal

      Kartu Kredit: hanya saya gunakan di PayPal utk membuka pembatasan akun (verifikasi di PayPal, bukan di Freelancer.co.id)

      Salam - Daniel :)

      Delete
  77. Selamat sore Pak Daniel, saya termasuk freelance baru dan belum mendapatkan 1 proyek sampai saat ini. berikut ini adalah profil saya di freelance, mohon berikan masukan atau saran untuk saya. Terimakasih :)
    http://www.freelancer.co.id/u/gallyn.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Profil pagenya sudah lengkap, bagus, juga sudah menguasai situs dgn Lulus kedua Ujian Freelancer & Employer Orientation Exam.

      Tinggal mencari selah-nya aja nih, saran saya jangan mengandalkan ataupun menunggu email notifikasi yang masuk ke email kita, login tiap hari, jemput bolanya, dan pantau terus live notification yang bermunculan. Jangan biarkan rejeki disambar orang lain duluan.
      Coba saran dan tip-tip saya di halaman sebelah.

      Semoga Berhasil.
      Daniel

      Delete
    2. Terimakasih Pak Daniel buat masukannya....... :)
      mudah2an z bisa cepat dapat proyek,Amiin
      hhe

      Delete
  78. Dear Pak Daniel, saya Freelancer baru. Mohon advisenya karena sampai saat ini keanggotaan saya masih belum komplit. Langkah apa selanjutnya agar keanggotaan saya bisa complete. Profile saya adalah : http://www.freelancer.co.id/u/hidayatemka.html.
    Terima kasih banyak sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mas Hidayat,

      Untuk melengkapi profil, silakan download tutorial Signup (di dalamnya ada petunjuk lengkap melengkapi profil) dari link pada bagian atas-kanan halaman ini.

      btw, saran saya utk foto profilnya di crop aja, karena saya pernah diwarning oleh Freelancer.com karena fotonya tidak keliatan saya sebagai gambar utuh (paling tidak muka kita).

      Semoga bisa membantu,
      Daniel

      Delete
    2. Thanks respon nya Pak Daniel, saya sudah unduh fotonya sekarang sudah tampak jelas. tapi bukan foto saya hanya sekedar gambar sesuai profil.
      Boleh tanya lagi Pak, mohon assistnya untuk cek profil saya jangan2 saya salah pilih, maunya jadi freelancer tapi tawaran yg muncul seperti justru minta hire ke saya.
      Profil saya adalah : http://www.freelancer.co.id/u/hidayatemka.html.
      Terima kasih dengan sangat Pak jika direspon lagi.. :-)

      Delete
    3. Wah... sip sekarang profilnya, keren!
      Itu mah mungkin user baru yang masih salah paham ttg penggunaan situs ini. Ya diabaikan saja mas.
      Tapi untuk memastikan, silakan mouse hover di atas Tab "Profil" lalu klik "Pengaturan", kemudian pilih Tab "Pengaturan Akun" dari 3 tab di halaman yg terbuka.

      Scroll down ke paling bawah "Jenis Akun", dan bisa dilihat atau diubah sesuai keinginan di situ: Saya ingin... Pekerjaan(Work), Merekrut(Hire), atau Keduanya(Both).

      Semoga bisa lebih jelas sekarang :)
      Daniel

      Delete
    4. Sip.. Pak Daniel, sudah dicek dan tdk ada yg salah dengan akun saya. Jadi makin semangat untuk ikuti karir Pak Daniel di Freelancer.
      Terima kasih banyak pak...

      Delete
  79. mau nanya nih mas..waktu saya mau verifikasi akun pembayaran, saya memilih paypal (akun palypal saya udah verified tulisannya). ketika memasukkan akun paypal muncul pesan dari freelancer.com

    "We are not able to process your payment using your PayPal account at this time. Please return to the recipient's website to complete your transaction using their regular checkout flow."

    padahal akun paypal saya verified...btw saya make paypal yg gratisan...mohon pencerahannya mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm... saya kok masih belum ngerti masalahanya ya :) maksudnya PayPal gratisan itu bagaimana? Karena setahu saya memang membuat akun PayPal itu gratis, tapi untuk membuka limit dalam menerima atau membayar, maka akun PayPal harus terverifikasi dengan kartu kredit.

      Fyi, sewaktu kita membuat verifikasi pembayaran, maka Freelancer.com akan menarik sejumlah Dollar ($1 or $2 sy lupa) dari akun PayPal kita untuk disetorkan ke dalam saldo akun kita di Freelancer.com.

      Jadi, pastikan akun PayPal Anda ada saldonya atau kalau saldonya $0, maka pastikan sudah terverifikasi dengan kartu kredit Anda agar PayPal bisa melakukan penagihan amount tsb yg diperlukan untuk ditransfer ke saldo Anda di Freelancer.com

      Delete
  80. Dear Pak Daniel,
    Saya baru daftar di freelancer ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan ke pada Bapak, saya mau verifikasi pembayaran via Skrill tp gk bisa dan muncul tulisan "Transaction not allowed The currency specified by merchant for this payment is not supported at Skrill. Please contact your merchant for support" dan ada tulisan total payable IDR 4500, saya gk paham kenapa gk bisa terverifikasi apakah artinya Freelance menarik biaya sebesar IDR 4500? FYI (saldo saya di skrill 0) apakah karena tidak ada saldo jadi gk bisa di approve atau bagaimana ya pak? kemudian saya sm skali blu paham untuk Bid project mohon pencerahan Pak Daniel sekiranya review akun saya kira2 apa yang harus dilengkapi/benahi http://www.freelancer.com/u/Setiaw4n.html
    Rgrd
    Setiawan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren mas wawan profilnya, tinggal ikut Freelancer Orientation Exam aja (gratis), dan jawabannya bisa dibaca-baca di FAQ.
      Trus, tinggal mulai surfing Kontes Desain or proyek2 aja nih :)

      Untuk verifikasi pembayaran, betul Freelancer akan menarik sejumlah biaya untuk disetorkan ke saldo akun mas Wawan sendiri di Freelancer.com / .co.id
      Kalau saldo akun Skrill kosong tidak bisa.

      Silakan scroll up persis di atas pertanyaannya mas Wawan, pertanyaan oleh:
      spaghettisl21 September 2013 01.50

      Delete
  81. Pak Daniel mustinya bikin buku tentang tips trick excel/vba (tapi nanti ketahuan rahasia dapur yah..hehehehe), sama kompilasi tanya jawab soal freelancer. Sy beli deh no 1. ;-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks Stella dukungannya hehehe... jujur saya tidak keberatan ketahuan rahasia dapur dan jurus2 sukses, dgn ikhlas saya berbagi utk teman2 di seluruh Indonesia.

      Hanya saja belum ada waktu khusus nih buat nulis buku :)
      Mungkin kalau sudah siap, sy minta bantuan Stella nyusun dan ngeditnya Ok.

      Salam,
      Daniel

      Delete
  82. salam sukses Mr. Daniel
    saya adalah orang yg dr dulu tertarik dunia freelancer tapi belum jg menemukan jalurnya :( . nah di freelancer.co.id seperti ada kesempatan mencoba lagi. Tapi bingung juga ya banyak ferivikasi disana-sini, pembayaran juga, dll. dan semakin bingung. kalo boleh saya tahu, tugas entry data di freelancer.co.id tu seperti yg bgmn y?? mungkin Bapak punya contoh screenshootnya/ video di youtube??? maaf bukannya mau niru Pak sbg pemula..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, terima kasih dan sorry baru bales nih :)

      Contoh proyek data entri yg pernah saya kerjakan adalah:
      https://www.freelancer.co.id/projects/Data-Processing-Data-Entry/Excel-Spreadsheets-Merged.html

      Juga yg ini:
      https://www.freelancer.com/projects/Data-Entry-Excel/Daily-Web-Data-Gathering.html

      Dan utk yg kedua di atas itu saya tiap hari mengerjakan mulai dari tahun 2011 akhir sampai sekarang masih dgn tarif & $9 per hari utk pekerjaan yg hanya perlu 1 jam tiap harinya.

      Salam,
      Daniel

      Delete
  83. Salam kenal Pak Daniel. Senang sekali menemukan blog bpk. Sy newbie di freelancer.co.id. Tadinya belum tau sama sekali caranya, tapi dengan membaca tutorial dan postingan bpk, saya mencoba step by step. Mohon bimbingannya http://www.freelancer.co.id/u/hehe123123.html saya ingin sukses seperti Pak Daniel. Trimakasih ilmu dan responnya.

    ReplyDelete
  84. Pak Daniel,

    Biasanya proyek2 excel (termasuk vba excel) seperti apa yang dikerjakan ? apa ada contoh2? thanks!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buaannyyaaakk buaanngget.... hampir semua proyek yg saya garap dan bisa dilihat di profil page saya adalah proyek excel termasuk vba.

      http://www.freelancer.com/projects/Excel/Simple-Excel-Formula-Macro.html

      http://www.freelancer.com/projects/Visual-Basic/Excel-Macro.4184514.html

      http://www.freelancer.com/projects/Excel/Excel-Crystal-Reports.html

      http://www.freelancer.com/projects/Excel/Simple-Excel-Formula.2616406.html

      http://www.freelancer.com/projects/Excel/Excel-Add-Programming.html

      http://www.freelancer.com/projects/Visual-Basic-Excel/Visual-Basic-Excel-Userform-coding.html

      http://www.freelancer.com/projects/Visual-Basic-Excel/Excel-VBA-Programming.2338389.html

      http://www.freelancer.com/projects/Visual-Basic-Excel/Excel-App-track-data-Calendar.html

      http://www.freelancer.com/projects/Excel/Excel-Macro-Help.4470359.html

      http://www.freelancer.com/projects/Accounting-Model.html

      http://www.freelancer.com/projects/Visual-Basic-Data-Entry/game-simulation-worksheet.html

      http://www.freelancer.com/projects/Tracking-monitoring-projects-completion.html

      http://www.freelancer.com/projects/Excel/Excel-improvements.html

      http://www.freelancer.com/projects/Excel/Ref-Chat-Combination-Match-repost.html

      dan masih banyak lagi.....:)

      Salam,
      Daniel

      Delete
  85. salam kenal mas daniel..saya baru aja bikin akun di freelancer.co.id
    tapi kenapa saya gak bisa ganti negara ya UNITED STATES mau diganti INDONESIA..bagaimana caranya ya mas
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal mbak,
      Sayangnya memang tidak bisa, karena dulu orang sering dan banyak memalsukan identitas negaranya, jadi sekarang bendera/negara kita selalu berdasarkan posisi IP address dimana kita login.

      Jadi kalau ada di US, tidak bisa diganti jadi Indonesia kecuali Anda login dari Indonesia. Itupun kalau kembali lagi ke US lalu login lagi, maka akan otomatis negaranya kembali lagi ke bendera US.

      Delete